Rasanya, konsep bisnis yang seringkali diplesetkan oleh para pengusaha dengan konsep UUD yaitu Ujung-Ujungnya Duit adalah sesuatu yang perlu diihat dengan baik. Tentu hal ini berhubungan dengan konteks bisnis yang concern dengan uang dan ini harus diawali oleh bagaimana entrepreneur bisa mengelola uang. Keberhasilan entrepreneur harus meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta sikpa mereka terhadap pengelolaan uang. Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat anggaran atau budgeting.




  1. Pahami bahwa budgeting menjadi aktivitas utama bagi entrepreneur
Mindset menjadi penting ketika entrepreneur akan membuat sebuah budgeting atau penganggaran bagi bisnis mereka. Hal ini akan mengawali konsep diri bagi entrepreneur untuk menjalankan akvitas keuangan kedepannya. Konsistensi setiap entrepreneur akan bermula dari aktivitas ini.
  1. Tetapkan sumber penerimaan perusahaan
Hal ini berhubungan dengan sumber penerimaan perusahaan yang berasal dari penjualan produk-produk yang dihasilkan entrepreneur. penjualan ini dijadikan sumber penerimaan yang relevan dengan kegiatan utama perusahaan.
  1. Tetapkan biaya perusahaan
Struktur biaya dan besarnya biaya yang dikeluarkan harus dipahami dengan baik oleh setiap entrepreneur dalam membuat anggaran. Ada biaya tetap, biaya variabel, biaya semi variabel dari perusahaan yang harus didefinisikan dengan baik sehingga diketahui jumlah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.
  1. Tetapkan profit perusahaan
Selisih antara revenue dengan cost akan menghasilkan profit perusahaan yang akan didapatkan oleh entrepreneur. ini adalah salah satu target yang akan dicapai oleh entrepreneur selain people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang. Tentu ini adalah target setiap entrepreneur dan ketika sudah diketahui target profit yang hendak dicapai, entrepreneur akan fokus pada pencapaian tujuan tersebut.
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: