Jangan minjam uang dulu ketika seorang entrepreneur akan membangun sebuah bisnis yang akan dikembangkan. Tahap ini akan menentukan bisnis para entrepreneur untuk saat ini dan yang akan datang.

Oleh karena itu, perlu entrepreneur melakukan beberapa hal yaitu;

1. Buat konsep bisnis yang detail kalaupun belum sangat detail.


Ini penting untuk dijadikan sebagai dasar entrepreneur dalam membuat anggaran berbasis pada real bisnis atau bisnis ril. Pemahaman tentang bisnis dari hulu sampai hilir.


2. Buat anggaran yang menggambarkan rencana penerimaan dan pengeluaran
Anggaran menjadi kunci untuk mendapatkan gambaran bagaimana dana yang akan digunakan dan berapa income yang bisa dihasilkan.entrepreneur harus bisa mencari keseimbangan dari anggaran tersebut.

3.Gunakan uang sendiri
Sudah menjadi sebuah kewajiban bagi setiap entrepreneur untuk fokus pada penggunaan uang sendiri untuk memulai bisnis masing-masing. Jangan menggunakan uang dari pihak lain agar tidak timbul cost of capital. Jangan berhutang dulu karena akan berdampak kepada biaya yang harus dikeluarkan entrepreneur.


4.Catat pengeluaran dan pemasukan uang.
Mencatat keuangan adalah aktivitas utama seorang entrepreneur khususnya diawal membangun bisnis. Pencatatan akan sangat menentukan kualitas pengelolaan uang tersebut. Apalagi ini berhubungan dengan uang sendiri yang akan terus dipertanggungjawabkan.

Tim STRABIZ Management Consulting
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: