Menjadi entrepreneur saat ini dihadapkan pada tantangan persaingan yang begitu tinggi sehingga sudah menjadi kewajiban para entrepreneur bisa memenangkan persaingan antara pebisnis sehingga tetap bisa mencapai keunggulan bersaing. Setiap entrepreneur diharapkan bisa mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Oleh karena itu, perlu


  1. Fokus pada superior value untuk konsumen.
Saat ini, entrepreneur tidak lagi menjual produk, baik berupa barang ataupun jasa. Akan tetapi, fokus kepada value yaitu perbandingan angara benefit dengan cost dan itupun harus diatas yang diberikan oleh para pesaing.
  1. Menganalisis kebutuhan, keingingan dan permintaan konsumen
Kebutuhan, keinginan dan permintaan konsumen berhubungan dengan benefit yang terdiri dari produk, service, people dan image. Sementara cost berhubungan dengan monetary cost, time cost, energy cost dan psychological cost. Entrepreneur fokus pada aspek-aspek benefit dan cost yang dihubungkan dengan need, want dan demand konsumen.  
  1. Menganalisis pesaing
Pesaing harus dilihat oleh para entrepreneur dalam memberikan value kepada konsumen dan ini menjadi titik awal entrepreneur memberikan value kepada konsumen. Harus lebih baik daripada pesaing.
  1. Membangun CRM dengan konsumen
Entrepreneur harus membangun hubungan baik dan jangka panjang dengan konsumen sehingga dapat diketahui need, want dan demand yang juga akan berubah.
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: