Sebagai seorang entrepreneur dengan berbagai keterbatasan dalam resources, baik itu pengetahuan, keterampilan dan bahkan uang, salah satu sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk menutupi keterbatasan tersebut adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) ataupun Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dibuat oleh perusahaan atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ada beberapa tips yang bisa dilakukan

1.       Memahami program CSR yang diberikan oleh perusahaan
Program CSR yang ditawarkan oleh setiap perusahaan harus dipahami oleh setiap entrepreneur dengan baik, khususnya yang berhubungan dengan program-program yang mereka tawarkan khususnya dalam hubungan dengan program pembinaan dan juga pembiayaan kepada para entrepreneur.

2.      Mempersiapkan diri dan manajemen perusahaan
Halini penting karena berhubungan dengan kesiapan diri dan manajemen dalam perusahaan mereka masing-masing. kesiapan diri yang berhubungan dengan mau menjalankan apa yang disyaratkan oleh manajemen perusahaan yang memiliki program CSR karena disini ada hak dan tanggung jawab melekat pada setiap entrepreneur.

Seringkali orang tidak siap dalam hal diri dan manajemen untuk menjalankan komitmen untuk menjalankan kesepakatan yang sudah dibuat antara entrepreneur dengan perusahaan yang memberikan program CSR/PKBL itu sendiri.

3.       Aktif dalam program CSR  
Ini yang tidak kalah penting yaitu bagaimana entrepreneur harus aktif dalam program CSR/PKBL bisa aktif dalam program CSR baik berupa pelatihan, pameran dan bahkan bisa memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman yang didapat dari program tersebut. Perusahaan akan sangat bahagian ketika binaan mereka sukses dalam bisnis.
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: