Karyawan saat ini harus dianggap sebagai sebuah modal atau asset dalam menghadapi persaingan bisnis yang sangat tinggi. Persaingan yang menuntut entrepreneur melihat bahwa asset yang paling berharga adalah karyawan dalam konteks pengetahuan yang mereka miliki untuk mengerjakan tugas, keterampilan mereka serta sikap dalam bekerja. Bahkan kalau dikembangkan lagi, bakat yang mereka miliki  yang berasal dari potensi diri dan passion serta morale yang berbentuk keyakinan dalam bekerja, disiplin dan antusiasme.


Jadi, tidak boleh lagi entrepreneur melihat karyawan sebagai pihak yang membutuhkan perusahan, akan tetapi, entrepreneur yang lebih membutuhkan mereka. Oleh karena itu, perlu diperhatikan beberapa hal
1.       Kenali dan kembangkan potensi diri mereka
Tips yang pertama yang harus dilakukan adalah mengenali potensi diri setiap karyawan. Hal ini penting untuk melihat kesesuaian antara pekerjaan dengan potensi diri mereka agar terjadi percepatan dalam bekerja. Kemudian kembangkan melalui pelatihan, coaching dan mentoring serta counseling dari atasan mereka.

2.      Kenali dan kembangkan passion
Hubungan antara potensi diri dan passion semakin kuat ketika karyawan hendak menjalankan pekerjaan. Passion itu merupakan hasrat mereka untuk menjalankan pekerjaan.  

3.      Kenali dan kembangkan pengetahuan tentang perusahaan dan pekerjaan ,
Pengetahuan tentang perusahaan dan pekerjaan menjadi penting bagi setiap karyawan. Berikan sharing dan pelatihan kepada mereka agar paham tentang perusahaan dan pekerjaan.

4.      Kenali dan kembangkan keterampilan tentang pekerjaan
Pelatihan harus secara rutin diberikan kepada setiap karyawan dalam menjalankan pekerjaan, khususnya yang berhubungan dengan keterampilan dalam menjalankan tugas.

5.      Kenali dan kembangkan sikap mereka dalam bekerja
Sikap yang benar dalam bekerja menjadi faktor yang paling signifikan karena dengan sikap ini semuanya akan jauh lebih baik bagi entrepreneur. berikan contoh yang benar kepada karyawan tentang sikap seorang karyawan dalam perusahaan

6.       Kenali dan kembangkan keyakinan
Kembangkan keyakinan mereka bahwa bekerja itu ibadah dan reward serta punishment akan diberlakukan secara objektif. Lakukan itu berulang-ulang kepada stiap karyawan.

7.       Kenali dan kembangkan disiplin
Disiplin adalah kunci sukses dalam menjalankan setiap aktivitas dan dimulai dari diri setiap entrepreneur. terapkan reward dan punishment yang jelas tentang disiplin ini.

8.      Kenali dan kembangkan antusiasme mereka dalam bekerja.
Ini yang juga penting yaitu bagaimana setiap karyawan memiliki antusiasme yang tinggi selama bekerja .
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: