Menjadi seorang entrepreneur adalah sebuah pilihan professional dari setiap umat manusia dan oleh karena itu, dia harus menyadari bahwa dia adalah seorang ahli strategi menyangkut perannya sebagai seorang owner dan manajer bagi bisnis tersebut. Oleh karena itu, setiap entrepreneur harus mampu menjalankan strategic management dengan memperhatikan strategic formulation sebagai dasarnya. Ada beberapa tips melakukan strategic formulation yaitu




  1. Mengevaluasi lingkungan diri sendiri
Diri sendiri merupakan lingkungan utama setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Kalau boleh dibilang, setiap entrepreneur itu adalah variabel utama dalam setiap bisnis utnuk mencapai tujuannya. Dalam hal ini, perlu dilihat mindset seorang entrepreneur yang melekat pada dirinya, bakatnya yang terdiri dari potensi diri dan passion, pengetahuan dan keterampilan serta attitude dan morale setiap entrepreneur.
  1. Mengevaluasi lingkungan internal bisnis
Evaluasi lingkungan internal bisnis setiap entrepreneur berhubungan dengan bagaimana manajemen keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia dan juga budaya perusahaan serta fasilitas pendukung yang dimiliki oleh perusahaan.
  1. Mengevaluasi lingkungan eksternal bisnis
Hal ini dapat dilihat dari lingkungan mikro  yang terdiri dari konsumen, pesaing, supplier, distributor yang berhubungan dengan bisnis para entrepreneur. demikian juga dengan lingkungan makro yaitu politik, ekonomi, sosial, budaya dan teknologi.
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: