Ketika entrepreneur menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, hal yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan berfikir strategik atau strategic thinking. Sudah sejatinya seorang entrepreneur memiliki strategic thinking yang kuat dan mampu memberikan value yang tinggi ditengah perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak bisa dikontrol, selalu berubah, tidak pasti dan mengahami turbulensi.

Oleh karena itu, ada beberapa tips yang harus terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan strategic thinking para entrepreneur.


  1. Fokus kepada tujuan yang hendak dicapai
Tujuan itu adalah dasar dan fondasi bagi setiap entrepreneur dalam berfikir strategis. Tujuan yang jelas dan terukur menjadi hal yang mendasar ketika entrepreneur hendak mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.
  1. Fokus kepada perubahan lingkungan internal dan lingkungan eksternal
Entrepreneur harus banyak membaca Koran, majalah, internet yang berhubungan dengan bisnis dan lingkungan bisnis. Selain itu, terus mengikuti berita dari televise, radio, Koran agar mendapatkan informasi yang terbaru tentang lingkungan bisnis para entrepreneur.
  1. Fokus kepada dampak perubahan lingkungan
Ini penting karena berhubungan dampak perubahan lingkungan terhadap bisnis yaitu berupa ancaman atau peluang, serta kekuatan atau kelemahan. Tidak bisa dipungkiri bahwa ini menjadi dasar kerangka berfikir setiap entrepreneur.
  1. Memilih strategi yang tepat
Ini adalah bagaimana entrepreneur memiliih sebuah pilihan terbaik agar tetap bisa mencapai tujuan bisnis ditengah perubahan lingkungan bisnis. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari contoh pada perusahaan sejenis yang melakukan strategi yang dibuat.
  1. Membaca buku tentang bisnis dan manajemen serta strategic management
Bagi entrepreneur, being a learner atau pembelajar adalah sesuatu yang wajib. Oleh karena itu, banyaklah membaca buku tentang bisnis dan manajemen serta strategic management untuk mengasah kemampuan berfikir para entrepreneur.
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: