Salah satu pelaku ekonomi di negara ini adalah koperasi yang seolah-olah ditinggalkan oleh rakyat Indonesia dalam berbisnis. Orientasi yang digunakan saat ini adalah bagaimana bisnis yang dikembangkan berbasis kepada profit dan meniru layaknya perusahaan-perusahaan besar dalam menjalankan bisnis. Mereka fokus kepada bagaimana membangun bisnis yang besar dan fokus kepada pencarian profit dalam setiap bisnis.

Tentu hal ini sah-sah saja karena itulah yang terjadi dalam kehidupan bisnis para entrepreneur. setiap orang berusaha untuk mencapai bisnis dengan melakukan upaya agar profit semakin memingkat, memberikan manfaat bagi banyak orang, menjaga kelestarian alam serta bisa bertahan dalam jangka panjang dan dapat tumbuh serta berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Tidak dapat dipungkiri bagaimana hal ini menjadi tujuan bisnis itu sendiri.


Akan tetapi, kondisi ini menimbulkan bagaimana entrepreneur berupaya secara sendiri-sendiri untuk mencapai tujuan dan kurang memperhatikan aspek yang berhubungan dengan bagaimana bisnis mereka memberikan value kepada banyak orang. Seringkali salah pengertian dan membuat entrepreneur lebih bersifat individualistic dibandingkan dengan bekerjasam dengan teman-teman pelaku bisnsi yang berharap dapat tumbuh dan berkembang secara bersama-sama.

Tentu hal ini diharapkan tidak terjadi pada banyak entrepreneur yang ada di negara ini. Indonesia membutuhkan kekuatan ekonomi yang digerakkan oleh pelaku usaha yang bersama-sama membangun bangsa ini untuk mencapai kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Ini adalah bagian dari tujuan bangsa ini untuk rakyatnya. Kondisi ini harus menjadi perhatian utama para entrepreneur karena memilih menjadi entrepreneur berarti siap memberikan value kepada rakyat dan bangsa.

Koperasi dapat meningkatkan peran serta entrepreneur dalam menjalankan peran dalam meningkatkan ekonomi bangsa ini.peran dalam artian bahwa kekuatan ekonomi bangsa ini akan semakin kuat bila mereka bersatu padu untuk membangun ekonomi bangsa secara bersama-sama. Koperasi menjadi tool yang dapat dipilih entrepreneur dalam berbisnis. Pilihan yang akan dapat memberikan value secara bersama-sama bagi setiap entrepreneur dan bangsa itu sendiri.

Hanya saja, tentu yang harus dilakukan adalah bagaimana membangun kesamaan persepsi antara entrepreneur yang bergerak dalam setiap bisnis mereka masing-masing. persepsi agar mereka memiliki cara pandang yang sama tentang koperasi sebagai bagian dari pelaku bisnis dan akan memberikan value yang optimal bagi bisnis mereka masing-masing. tidak dapat dipungkiri bahwa ini akan memberikan value optimal bagi bangsa ini.


Oleh karena itu, pendidikan tentang koperasi sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi para entrepreneur dalam berbisnis untuk menggapai kesuksesan bisnis. Belajarlah koperasi, proses bisnisnya, kekuatan bisnisnya, prinsip-prinsip bisnisnya dan juga siapa saja yang bisa meningkatkan perekonomian bangsa ini. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: