Kemaren, ada satu berita yang sangat mengejutkan yaitu bagaimana seorang sekretaris jenderal sebuah partai yang menjadi bagian dari penguasa ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka dalam kasus korupsi. Memang baru menjadi tersangka, akan tetapi, ini menjadi sebuah pelajaran yang luar biasa bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

Korupsi adalah sebuah kejahatan yang luar biasa dan juga harus ditangani secara luar biasa oleh KPK. Tidak pandang bulu, kejahatan korupsi dilakukan oleh banyak anak bangsa, mulai dari pejabat paling tinggi sampai dengan paling rendah. Buktinya banyak sekali terjadi di negara ini dan sudah diperlihatkan oleh KPK dan tentu juga oleh penegak hukum lainnya.

Lalu, apa yang bisa diambil dari kejadian korupsi ini? sebagai seorang entrepreneur, tentu tidak bisa dilepaskan dari kondisi seperti ini dimana berhubungan dengan banyak stakeholders yang memiliki hubungan dengan para entrepeneur dalam menjalankan bisnis untuk mencapai tujuannya. Belum lagi melakukan kegiatan internal perusahaan yang pastinya akan berhubungan dengan proses-proses melibatkan orang lain dan uang.

Entrepreneur dituntut untuk benar-benar menjaga diri dari korupsi ini dan jangkan melakukan, mendekati saja jangan karena ini akan berdampak kepada bisnis para entrepreneur saat ini dan yang akan datang. Semuanya harus benar-benar menjadi perhatian entrepreneur dalam membuat keputusan dan sebagai seorang entrepreneur.

"Belajarlah dari kesalahan orang lain" kata banyak orang, rasanya menjadi relevan dengan kondisi seperti sekarang ini dimana entrepreneur bisa belajar dari kesalahan-kesalahan para pemimpin di negara ini dan sejatinya itu membuat entrepreneur mulai menyadari bahwa begitu dahsyatnya dampak dari korupsi tersebut. Kesadaran ini menjadi penting bagaimana diri pribadi menjadi rusak, keluarga hancur, orang tua malu, masyarakat mencibir dan pastinya, bisnis akan hancur yang akan berdampak kepada berapa banyak karyawan yang akan merasakan kehilangan pekerjaan.

Kesadaran ini menjadi paling utama. Kemudian, entrepeneur perlu mempelajari tentang korupsi itu sendiri. Mempelajari ini akan membuat setiap entrepreneur bisa melihat bagaimana hakekatnya sebuah korupsi terjadi dan bagaimana dampaknya kepada orang lain. Belajar tentang peraturan-peraturan yang berhubungan dengan korupsi.

Tentu yang tidak kalah penting adalah dalam tindakan bisnis itu sendiri dimana entrepreneur harus membuat keputusan dan tindakan yang jauh dari korupsi itu sendiri. Tidak boleh didekati dan fokus untuk menjauhkan diri dari korupsi. Bagaimana dengan anda? Wajib hukumnya untuk menjauhi korupsi….dan mulai dari sekarang. Hmmmm…


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: