Setiap entrepreneur diharapkan bisa mempertahankan pengaruh mereka kepada masing-masing bawahan. Hal ini berhubungan dengan bagaimana setiap orang dalam perusahaan akan mengalami perubahan, minimal perubahaan dalam diri mereka masing-masing. penting bagi setiap entrepreneur untuk fokus bisa mempengaruhi diri bawahan mereka agar tetap dalam fokus dalam menjalankan apa yang direncanakan dan diharapkan oleh entrepreneur itu sendiri.

Salah satu aspek yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk membuat entrepreneur bisa terus memiliki pengaruh mereka pada bawahan adalah bagaimana impian mereka ada pada diri bawahan tersebut. Impian berhubungan dengan visi yang hendak dicapai. Mereka juga harus memiliki impian yang ada dibenak setiap entrepreneur sehingga para bawahan akan fokus kepada apa yang hendak dicapai, terlepas para entrepreneur itu ada atau tidak.


Keberadaan konsep dasar yang dimiliki oleh para entrepreneur itu di benak setiap bawahan merupakan intangible asset yang harus ditanamkan oleh entrepreneur. impian ini adalah kekuatan yang menjadi fondasi dalam menggerakkan setiap bawahan dalam bisnis. Sudah menjadi penting bagi setiap entrepreneur untuk melakukan hal ini.

Akan tetapi, harus ditimbulkan kesadaran kepada setiap bawahan akan visi ini. kesadaran dimana mereka mendapatkan value dari setiap aspek yang ada dalam konteks impian tersebut. Artinya, visi ini memberikan pengaruh secara langsung ataupun tidak langsung kepada setiap karyawan. hal ini akan meningkatkan pemahaman dan pendalaman visi ini ke dalam diri mereka masing-masing.

Setiap entrepreneur diharapkan mampu melihat keterhubungan antara visi ini dengan setiap orang dalam perusahaan. kejelian entrepreneur melihat need, want dan demand para bawahan akan memudahkan entrepreneur membuat keterhubungan antara visi dengan pribadi para entrepreneur. bisa mulai dari need, want dan demand mereka masing-masing dalam menjalankan peran mereka dalam berbisnis. Penting bagi entrepreneur untuk melihat kepentingan setiap karyawan mereka dalam bekerja.

Barulah entrepreneur mulai mengkomunikasikan visi mereka kepada bawahan. Komunikasi yang intens dan tepat akan membuat pemahaman yang baik dari bawahan kepada apa yang hendak dicapai oleh para entrepreneur dan mereka juga mendapatkan manfaat dari visi tersebut. Oleh karena itu, secara bersama-sama, harus dibangun saling pengertian. Tujuannya jelas untuk mencapai persepsi yang sama dalam berbisnis.


Setelah itu, entrepreneur membuat program aksi yang dapat relevan dengan visi tersebut sehingga bawahan merasakan bahwa visi ini memang akan dicapai oleh para entrepeneur. Action plan dari para entrepeneur akan sangat membuat keyakinan bawahan pada visi tersebut. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: