Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilakukan oleh berbagai elemen bangsa kemaren di seluruh Indonesia menggambarkan bahwa pada dasarnya, pemuda memiliki jiwa nasionalisme yang tetap ada di dada mereka untuk membeli negara dalam kerangka satu tanah air, satu bahasa dan satu bangsa yaitu Indonesia. Terlihat bagaimana anak muda memiliki kerangka berfikir bahwa sebagai anak bangsa, mereka ingin memberikan sesuatu kepada bangsa ini.
                                           
Karya anak muda yang sejatinya bisa dijadikan sebagai batu loncatan untuk meningkatkan dan mengembangkan ekonomi bangsa Indonesia dengan catatan bagaimana stakeholders yaitu pemerintah mampu memberikan ruang yang cukup untuk anak muda agar mereka bisa berkreasi dalam menghasilkan berbagai produk untuk pengembangan bisnis mereka masing-masing. inilah salah satu kunci sukses untuk membangun anak muda yang bisa maju.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu peringatan hari Sumpah Pemuda kemaren bisa menjadi sebuah momentum bahwa pada hakekatnya seorang entrepereneur muda itu memiliki peran strategis bagi bangsa ini dan ini menjadi sangat mulia ketika seorang entrepreneur mampu menjalankan peran mereka secara optimal untuk membangun bangsa melalui bisnis yang mereka jalankan, meskipun saat ini masih berskala mikro, kecil dan menengah.

Keberadaan seorang entrepreneur dalam bisnis menjadi penting dan saat ini, negara sangat membutuhkan kontribusi nyata dari setiap anak muda dengan membangun bisnis tersebut. Peran strategis dengan membuka lapangan pekerjaan yang nota bene adalah menjadi tugas utama pemerintah untuk membangun kesejahteraan rakyat bisa dilakukan oleh entrepreneur muda. Lihat saja berapa peluang lapangan pekerjaan yang bisa dibuka oleh entrepreneur muda.

Demikian juga halnya dengan hasil dari aktivitas bisnis yang dijalankan oleh anak muda. Aktivitas bisnis yang sejatinya dapat memberikan pendapatan kepada negara dalam bentuk pajak yang harus dibayarkan oleh setiap entrepeneur kepada negara. Negara ini membutuhkan pendapatan dari pajak agar dapa melakukan pembangunan negara karena negara ini membutuhkan dana untuk menjalankan pembangunan dari berbagai sektor, khususnya pembangunan berbagai infrastruktur dan lain-lain.

Perlu disadari bahwa pendapatan negara dari pajak itu berasal dari entrepreneur yang berkontribusi pada pembayaran pajak. Belum lagi dari devisa yang diterima oleh negara dari transaksi yang dilakukan oleh entrepreneur dengan ekspor ke berbagai negara. Inilah beberapa kontribusi dari setiap entrepreneur yang memang menjadi seorang pahlawan bagi negara Indonesia dan konteks Sumpah Pemuda menjadi sangat relevan dengan peran entrepreneur sebagai seorang pahlawan negara ini.

So, inilah yang menjadi penting bagi setiap entrepreneur dan hubungannya dengan peringata hari sumpah pemuda… bagaimana dengan anda? Siap menjadi pahlawan negara ini? hmmmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: