Setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis dituntut untuk bisa mengelola keuangan perusahaan dan salah satu klien saya yang bergerak di bidang fashion merasakan sekali dampak dari pengelolaan keuangan tersebut. Jelas mereka menghadapi masalah ketika seringkali entrepreneur tidak bisa memberikan value yang bagus untuk bisnis mereka masing-masing ketika masalah keuangan tidak bisa dikelola dengan baik.

Hal ini berawal ketika entrepreneur tersebut tidak bisa mengelola keuangan perusahaan di saat entrepreneur tersebut membutuhkan seorang tenaga ahli untuk keuangan mereka. banyak hal  yang harus dipahami dengan baik untuk pengelolaan keuangan perusahaan, khususnya yang berhubungan dengan fashion. Setiap orang dalam perusahaan fashion harus mengerti bahwa mereka itu menjual fashion dan mendapatkan “receh” untuk setiap produk  yang mereka jual.


Semuanya harus benar-benar dilihat dalam konteks keuangan perusahaan. Apalagi ketika binaan saya ini menghadapi masalah dimana bagian keuangannya tidak bisa melanjutkan pekerjaan di perusahaan tersebut. Jelas mereka menjadi kelimpungan dan tidak dapat menjalankan pencatatan dengan baik. Semuanya jadi berantakan untuk proses bisnis  yang ada di perusahaan para entrepreneur yang bergerak di fashion ini.

Belajar dari masalah yang dihadapi oleh para entrepreneur ini, dapat dilihat bagaimana setiap entrepreneur harus bisa memahami dengan baik apa  yang dibahas dalam manajemen keuangan. Keuangan itu adalah backbone nya bisnis fashion ketika setiap entrepreneur harus bisa membuat keputusan yang berhubungan dengan keuangan, seperti investasi, mengeluarkan biaya untuk keperluan perusahaan dan lain-lain. Semuanya menjadi penting.

Untuk itulah perlunya setiap entrepreneur memiliki pengetahuan yang baik tentang manajemen keuangan. Manajemen yang sangat diperlukan untuk pengembangan bisnis para entrepreneur ketika mereka harus membeli produk-produk yang relevan dengan proses bisnis para entrepreneur. Oleh karena itu, entrperenuer harus memiliki kesadaran bahwa bisnis mereka itu sangat tergantung kepada sejauhmana mereka memahami keuangan dengan baik.

Ketika ini sudah dimiliki oleh para entrepreneur, maka mereka akan bisa melihat itu dengan baik dan focus dalam mengelola keuangan. Para akhirnya, saya meminta entrepreneur binaan saya untuk bisa focus dalam mengelola keuangan perusahaan untuk membuat perusahaannya bisa maju untukmencapai tujuan bisnis. Sudah saatnya mereka focus pada pencapaian tujuan.

Ketika ini bisa dilakukan, mulailah entrepreneur bisa mendesain secara perlahan apa  yang diperlukan oleh entrepreneur dalam menjalankan bisnis yaitu pengelolaan keuangan perusahaan dengan baik. Keputusan yang dibuatpun bisa menjadi jauh lebih tajam, efektif dan efisien sesuai dengan perencanaan dan anggaran yang dibuat oleh para entrepreneur.


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: