Ketika bicara tentang bisnis, tentu semua orang akan sepakat bahwa bisnis itu bertujuan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Hal ini wajar dimiliki oleh para entrepreneur karena berhubungan dengan tujuan yang hendak dicapai mereka masing-masing. jadi, wajar mereka memiliki kerangka berfikir seperti itu.

Akan tetapi, ada satu konsep dasar yang harus dimiliki oleh para entrepreneur ketika mereka sedang menjalankan bisnis. Hal lain yang akan berpengaruh kepada bisnis mereka ketika setiap orang hanya berfikir bagaimana bisnsi itu hanya fokus kepada bisnis semata dan ini menjadi berbahaya bagi para entrepreneur dalam berbisnis. Hati-hati ketika entrepreneur akan menghadapi dan menjalankan konsep ini dalam bisnis.



Apa itu? Bagaimana menciptakan value kepada karyawan dalam konteks entrepreneur dituntut untuk bisa menjadi seorang leader yang berhasil bagi bisnis mereka masing-masing. konteks dimana mereka harus bisa menjadi leader yang efektif dan efisien. Tentu tidaklah gampang bagi entrepreneur bisa menjadi leaders yang efektif dan efisien ditengah tingginya perubahan lingkungan yang begitu cepat bagi para entrepreneur.

Agar leadership dapat berjalan dengan baik. Sudah sewajarnya entrepreneur mulai fokus bagaimana mereka mampu menggerakkan setiap orang dalam perusahaan, khususnya bawahan mereka untuk bekerja mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh entrepreneur. tujuan yang menjadi akhir dari setiap kegiatan yang mereka ingin capai. Jelas entrepreneur harus benar-benar memahami akan hal ini dan fokus kepada aspek leadership.

Disinilah peran bawahan dari setiap entrepreneur dalam perusahaan mereka masing-masing. oleh karena itu, bawahan harus dianggap sebagai seorang konsumen yang membutuhkan layanan dari masing-masing entrepreneur agar dapat bekerja dengan baik. Karyawan atau bawahan ketika menjadi seorang konsumen akan diperlakukan berbeda oleh para entrepernur dan itu harus menjadi mindset setiap entrepeneru dalam berbisnsi.

Inilah point utamanya ketika entrepreneur dituntut untuk bisa menjadi leader yang efektif dan fokus pada memberikan nilai kepada stiap karyawan. value yang digambarkan dengan bagaimana benefit yang mereka dapatkan dibandingkan dengan cost yang mereka keluarkan sebagai seorang karyawan. atau bawahan. Ini memiliki hubungan yang kuat dan satu sama lain akan saling mempengaruhi karyawan dalam bekerja.

Sudah waktunya entrepreneur fokus kepada pengembangan dan peningkatkan value kepada karyawan agar bisa menjadi entrepreneur sukses mencapai tujuan perusahaan. 


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: