Mengembangkan budaya perusahaan bagi setiap entrepreneur adalah tugas yang tidak boleh berhenti karena inilah yang menjadi salah satu intangible asset  yang harus dikelola dan dimanfaatkan oleh setiap entrepreneur untuk mencapai tujuan bisnis mereka dalam konteks profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Salah satu komponen dalam pembangunan budaya perusahaan dalah karyawan karena mereka adalah bagian terpenting bagi perusahaan dalammenjalankan bisnis dimana entrepreneuer bekerja dengan dan melalui setiap karyawan. oleh karena itu, keberhasilan setiap entrepeneur dalammenjalankan bisnis sangat ditentukan oleh bagaimana karyawan mau menjalankan budaya perusahaan tersebut. Apalagi budaya perusahaan itu sudah menjadi strategi perusahaan saat ini.


Inilah yang harus menjadi perhatian entrepreneur dalam menjalankan bisnis dan mengembangkan budaya perusahaan mereka. Hal ini bisa diawali denngan membangun sebuah program yang bisa mendengarkan karyawan dalam konteks bagaimana mereka bekerja dan masalah-masalah yang dihadapi selama bekerja. Ini penting bagi entrepreneur dalam berbisnis karena akan mempengaruhi kualitas setiap karyawan bekerja.

Kenapa ini penting? Karena mereka melakukan kegiatan bisnis dan pastinya berbeda dengan apa yang dialami oleh para entrepreneur ketika mereka menjalankan apa yang sudah direncanakan dengan baik. Semuanya pasti akan berbeda karena lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi setiap saat.

Kesempatan untuk mendengarkan setiap karyawan akan meningkatkan spirit of team bagi entrepreneur dengan karyawan dalam perusahaan tersebut. Perlu dibuat sebuah program yang bisa mendorong setiap karyawan mampu berkomunikasi dengan baik dengan para entrepreneur dan mengungkapkan berbagai masalah serta ide-ide yang mereka miliki untuk pengembangan bisnis yang dijalankan oleh entrepeneur.

Untuk itu, jelas, hal ini perlu diawali oleh setiap entrepreneur sebelum mereka menjalankan setiap aspek dalam bisnis mereka. Keterbukaan para entrepreneur dalam menjalankan komunikasi dengan karyawan menjadi penting. Hal ini harus diawali dari entrepreneur itu sendiri setiap orang harus benar-benar fokus dalam menjalankan komunikasi tersebut untuk mencapai tujuan.


Ketika semuanya sudah dimulai oleh para entrepreneur untuk membangun komunikasi yang terbuka dengan karyawan, maka semuanya akan semakin lancar dan budaya perusahaan yang akan dibangun dan dikembangkan oleh entrepreneur akan semakin mudah dan cepat terealisir. Semuanya akan berkontribusi pada peningkatkan kualitas bisnis dan pencapaian tujuan bisnsi itu sendiri. Sudah saatnya entrepreneur mulai mendengar karyaan.

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: