Kemaren, tepatnya 20 oktober 2015, genap satu tahun pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla di negeri ini. pemerintahan yang sangat diharapkan mampu memberikan perubahan ke arah yang jauh lebih baik sehingga memerikan value yang sangat tinggi bagi rakyat karena rakyat sudah diberikan ekspektasi atau janji yang begitu tinggi. Janji yang sejatinya harus dipenuhi oleh kedua pemimpin ini sehingga benar-benar memberikan kesejahteraan kepada rakyat.

Namun demikian, beberapa survey yang diselenggarakan oleh lembaga survey menunjukkan bagaimana tingkat kepuasan rakyat Indonesia kepada kedua pemimpin ini dan terlihat mayoritas rakyat tidak puas dengan kinerja yang sudah diberikan oleh Jokowi – JK. Ketidakpuasan yang dirasakan oleh rakyat ini merupakan warning bagi para kedua pemimpin dimasa satu tahun pemerintahan mereka.

Apa yang dapat diambil pelajaran satu tahun pemerintahan Jokowi – JK ini? menjadi seorang pemimpin dalam perusahaan pada hakekatnya adalah sama dengan memimpin negara dimana perusahaan adalah organisasi juga dimana ada beberapa orang bekerjasama untuk mencapai tujuan perusahaan. oleh karena itu, sama dengan entrepreneur dalam memimpin perusahaan dan mereka adalah berperan sebagai seorang pemimpin.

Kata kunci yang harus dipegang oleh setiap entrepreneur adalah pertama, hati-hati dengan janji kepada para stakeholders. Hal ini menjadi kunci sukses dalam membangun kepuasan stakeholders. Janji itu akan membentuk ekspektasi atau harapan setiap stakeholders dan menjadi basis untuk membuat mereka puas atau tidak. Penting bagi entrepeneur untuk menjaga ucapan ataupun janji yang diberikan kepada stakeholders tersebut.

Kedua, entrepreneur dalam memimpin harus bisa memberikan yang terbaik sesuai dengan  yang dijanjikan. Inilah konsep dasar integritas yang seharusnya dan wajib dimiliki oleh para entrepeneru dalam berbisnis. Integritas adalah kunci sukses setiap entrepreneur dalam berbisnis. Tidak ada pengecualian untuk tidak menjaga integritas setiap entrepreneur.

Yang ketiga adalah bagaimana entrepeneur harus bisa melakukan komunikasi secara terbuka kepada stakeholders dimana karyawan ataupun konsumen perlu tahu dengan jelas apa yang dikerjakan oleh entrepreneur dan mereka bisa memberikan tanggapan atau respon sehingga tidak akan terjadi lagi miss communication dalam setiap aktivitas bisnis para entrepreneur.

Hal ini perlu menjadi perhatian setiap entrepeneur dalam menganalisis satu tahun kepemimpinan Jokowi – JK di negeri ini. hati-hati jadi pemimpin karena itu akan dipertanggungjawabkan di dunia dan di akhirat sehingga sudah menjadi konsep dalam leadership setiap entrepreneur untuk menjalankan bisnis. Bagaiman dengan anda? Hmmm….



Share To:

meriza hendri

Post A Comment: