Ada satu berita yang sangat menarik dan perlu mendapatkan perhatian setiap entrepreneur saat ini yang berhubungan dengan bagaimana entrepreneur melihat berita yang ditampilkan oleh berbagai media yaitu tentang perayaan kemenangan Persib yang diadakan pada hari Minggu dengan melibatkan Bobotoh yang tidak hanya dari Kota Bandung, akan tetapi, juga dari berbagai kota di Jawa Barat.

Berbagai kecaman datang dari masyarakat yang merasa dirugikan dengan aktivitas perayaan tersebut dan terlihat dari berbagai pernyataan yang dilontarkan oleh Netizen tentang perilaku Bobotoh yang tidak benar. Belum lagi bukti yang ditunjukkan oleh pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh Bobotoh dan banyak kendaraan yang ditahan oleh Polisi.

Tentu hal ini tidak diharapkan oleh setiap warga Kota Bandung karena Persib adalah tim kesayangan dan kemenangan kemaran adalah sebuah hadiah yang luar biasa. Jangan sampai dicederai oleh segelintir oknum yang tidak bertanggungjawab sehingga perjuangan Bobotoh secara keseluruhan untuk mendukung Persib menjadi tidak bermakna, jangan sampai tindakan tersebut menimbulkan antipati dari orang lain, khususnya warga Bandung.

Dilain pihak, tentu jangan sampai perayaan kemenangan Persib inipun tidak boleh dilakukan karena inilah penghargaan yang diberikan oleh Bobotoh yang sudah mendukung Persib secara totalitas. Kegiatan penghargaan ini bentuk dukungan seluruh pendukung Persib untuk menjadikan Persib selalu juara dalam berbagai pertandingan.

Inilah yang dilakukan Kang Emil dengan mengevaluasi setiap kegiatan yang dilakukan oleh Persib dan Bobotoh. Kegiatan yang berhubungan dengan bagaimana aktivitas bobotoh itu tidak merugikan. Dalam konteks manajemen, inilah yang memang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur ketika mereka melakukan aktivitas bisnis. Setiap aktivitas bisnis itu memang harus dilakukan evaluasi dan control atas hasil  yang dicapai.

Kenapa demikian? Karena berhubungan dengan bagaimana entrepreneur melakukan aktivitas manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan dan pengendalian dimana bisa dilakukan perbaikan atas capaian yang sudah didapat. Artinya, setiap orang dalam perusahaan yang dalam hal ini adalah entrepeneur membandingkan antara target dengan realisasi dan bila terdapat gap atau kesenjangan, maka perlu dilakukan perbaikan terus menerus.

Inilah pelajaran yang sangat berharga dari perayaan atas kemenangan Persib beberapa waktu lalu dimana Bobotoh diberikan kesempatan yang luar biasa untuk meluapkan kebahagiaan, akan tetapi juga diharapkan tidak memberikan dampak negative kepada Persib itu sendiri dan juga Bobotoh secara keseluruhan. So, lakukan evaluasi menyeluruh dan lakukan perbaikan secara terus menerus…. Hhmmm…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: