Beberapa hari ini, seringkali saya melihat para entrepreneur yang mengeluh tentang bisnis mereka kepada saya. Keluhan yang berhubungan dengan bagaimana bisnis mereka tidak berjalan lancar dan berdampak kepada pencapaian target serta tujuan bisnis itu sendiri. Semuanya seolah-olah merasa bahwa bisnis yang dijalankan tersebut tidak terlalu bagus padahal mereka sudah berupaya untuk mengerjakan seoptimal mungkin.

Ini adalah salah satu atau bahkan beberapa fenomena  yang dihadapi oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Fenomena yang berhubungan dengan bagaimana aspek internal dalam diri setiap entrepreneur akan mempengaruhi jalannya bisnis mereka. Saya jadi teringgat agaimana variabel entrepreneurial mindset setiap entrepreneur memiliki pengaruh yang paling dominan ketika mereka menjalankan bisnis.


Ketika mindset ini tidak dapat berjalan dengan baik, maka akan berdampak kepada bisnis mereka juga. Oleh karena itu, pendekatan kepada Allah SWT menjadi penting untuk bisa membuat masalah yang dihadapi tersebut menjadi selesai, minimal pada aspek mindset dan bagaimana mereka melihat setiap masalah yang datang kepada diri para entrepreneur. yakin akan hal ini dan pastinya akan memberikan value kepada setiap entrepreneur.

Konsep fokus kepada Allah SWT adalah ketika entrepreneur menjalankan setiap aspek bisnis mereka harus benar-benar melihat Allah sebagai fondasi. Setiap aspek kegiatan dalam bisnsi harus dilandaskan kepada Allah SWT, baik di awal maupun di akhir. Setiap aspek dalam pekerjaan, harus dilandaskan kepada Allah SWT. Disinilah faktor mindset setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis ketika mereka akan menggapai kesuksesan.

Ketika setiap entrepreneur bisa memiliki pandangan yang kuat tentang bagaimana mereka harus fokus kepada Allah, rasanya, masalah yang dihadapi menjadi kecil dan bisa dicari sebuah solusi yang dapat memberikan value yang optimal kepada para entrepreneur. solusi yang memiliki nilai yang luar biasa dan terus berdoa kepada Allah. Dia-lah maha penguasa semua yang ada di alam ini dan oleh karena itu, Dia jugalah yang memberikan solusi atas segala permasalahan.

Ini akan menjadi kunci bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis saat ini. tidak hanya menambah pengetahuan dan keterampilan saja dalam berbisnis, akan tetapi, mengisi ruh atau jiwa mereka dengan kedekatan kepada Allah. Insya Allah, selain masalah yang akan lebih mudah diselesaikan, juga akan memberikan dampak kepada bagaimana perjalanan bisnis para entrepreneur. tidak akan korupsi, tidak akan memberikan produk yang tidak baik, tidak akan merugikankonsumen dan lain-lain.


Ini adalah bagian dari bagaimana entrepreneur sejatinya bertindak ketika mereka fokus kepada Allah SWT dan akan selalu berusaha dekat dengan Allah. Tidak peduli siang atau malam, dilihat ataupun tidak dilihat oleh Allah SWT. Sudah menjadi kebutuhan untuk selalu fokus kepada Allah SWT. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: