Entrepreneur diharapkan bisa menjadi seorang entrepeneur yang memiliki kualitas leadership  yang kuat ketika menjalankan bisnis mereka melalui orang lain. Hal ini sudah menjadi sebuah kebutuhan dan bahkan tuntutan untuk setiap enterpeneur mulai menyadari akan hal ini. semuanya harus dilihat dalam konteks bisnis dalam skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Setiap entrepreneur memang diharapkan untuk menjadi leader yang efektif dan efisien. Salah satu hal yagn mendasar bagi para entrepeneur dalam upaya peningkatkan kualitas leadership mereka adalah bagaimana setiap entrepreneur harus terus belajar, belajar dan belajar serta berlatih, berlatih dan berlatih tentang leadership itu sendiri. Leadership yang diharapkan adalah bagaimana entrepreneur bisa menggerakkan setiap orang dalam perusahaan mereka.


Hal mendasar yang perlu dipelajari oleh para entrepreneur adalah bagaimana konsep leadership itu sendir dalam konteks bisnis. Ap ayang dimaksud dengan leadership, tujuan leadership, dan bahkan bagaimana membangun leadership yang kuat dalam konteks bisnsi y ang dijalankan oleh para entrepreneur. banyak sekali teori yang berkembang tentang leadership itu sendiri dan pastinya harus diketahui dan dipahami dengan baik oleh setiap entrepreneur.

Pemahaman yang baik tentang leadership adalah awal yang harus dijadikan sebagai landasan untuk menjadi seorang leader yang efektif. Pengetahuan yang baik harus didukung oleh keterampilan yang dimiliki oleh para entrepeneur dan ini tidak bisa dilepaskan dari keterampilan yang berhubungan dengan decision making serta communication atau bagaimana melakukan komunikasi dengan team member dibawah leader tersebut.

Latihan membuat keputusan adalah penting dan tentu diawali oleh bagaimana konsep decision making itu sendiri yang harus dilakukan setiap entrepreneur. ini adalah tugas yang paling berat bagi setiap entrepeneur ketika mereka harus membuat keputusan untuk diri mereka sendiri dan bisnis yang mereka jalankan dengan indikator bagaimana keputusan berkontribusi pada pencapaian tujuan perusahaan yaitu meningkatkan profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.

Pelajaran yang harus dilakukan entrepreneur juga adalah berhubungan dengan komunikasi dimana keterampilan yang harus dimiliki oleh entrepreneur itu sendiri. Komunikasi yang dilakukan harus bisa efektif dan menggerakkan setiap orang yang diajak untuk berkomunikasi. Semuanya harus terukur dan bisa dipahami dengan baik oleh para entrepreneur. inilah kunci sukses entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

Selanjutnya, entrepreneur harus bisa mempelajari konsep coaching, mentoring dan counseling yaitu tiga konsep yang saling berhubungan untuk membangun leadership yang efektif. Semuanya harus dipahami dam dibungkus dengan pengetahuan tentang perilaku setiap manusia yaitu psikologi, sosilogi serta antropologi.


Yang tidak kalah penting, pahami ilmu Allah SWT tentang leadership yang ditunjukkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.  

Tulsan ada di www.nubizontv.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: