Salah satu bahasan yang sangat menarik ketika saya mendengarkan ceramah di Radio MQ kemaren adalah bagaimana sejatinya setiap entrepreneur dalam menggapai keinginan dengan berdoa kepada Allah adalah bagaimana slelau menjauhi dosa. Doa itu adalah pasti dan itu memang diharapkan dilakukan oleh setiap umat muslim, akan tetapi, perlu disadari bahwa entrepreneur itu perlu menjaga diri dari perbuatan dosa.

Hmmmm… saya langsung terdiam ketika mendengarkan ceramah ini. Sambil menyetir, saya memikirkan bagaimana sejatinya seorang entrepreneur kalau berharap dan berdoa kepada Allah SWT atas apa yang diinginkan bisa tercapai. Doa itu menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih apa yang diinginkan. Begitu juga dengan ikhtiar  yang pastinya harus dilakukan oleh setiap entrepreneur.

Akan tetapi, ada satu hal yang paling penting yaitu bagaimana entrepreneur menjaga diri dari perbuatan dosa  yang dilakukan. Dosa itu menjadi pembatas antara keinginan dan realisasi atas apa yang akan diberikan oleh Allah SWT. Rasanya, bisa dipahami ketika Allah SWT meminta manusia untuk menjauhi dosa karena itu tidak disukai.

Inilah pelajaran yang paling berharga bagi setiap entrepreneur muslim ketika memanjatkan keinginan kepada Allah SWT. Menjauhi larangan-Nya dan juga menjauhi setiap perbuatan dosa adalah yang paling penting. Jangan berbuat dosa, itu kuncinya. Ketika ini bisa dilakukan, maka akan terjadi sinergi antara doa dan ikhtiar yang dilakukan oleh entrepreneur.

Oleh karena itu, perlu mindset seorang entrepreneur muda muslim bahwa dalam hidup ini mereka tidak boleh berbuat dosa. Dosa itu harus benar-benar dijauhi dan tidak boleh dilakukan untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT. Mindset yang benar tentang menjauhi dosa akan berpengaruh kepada sikap dan tindakan setiap entrepreneur.

Setelah itu, marilah pelajari lebih dalam tentang Islam melalui Alqur'an dan Hadis. Ini adalah petunjuk dalam hidup dan harus dilakukan oleh setiap entrepreneur untuk mengetahui apa yang diperintahkan oleh Allah dan juga yang dilarang-Nya. Ini adalah awal  yang harus dilakukan oleh entrepreneur. Teruslah belajar melalui bacaan, ikut majels taklim dan lain-lain.

Setelah itu, jalankan. Ini yang paling penting. Menjalankan aturan Allah dan menjauhi apa yang dilarang adalah kunci sukses untuk tidak melakukan dosa. Mental seorang entrepreneur harus benar-benar tinggi untuk menjauhi dosa….so, mulai sekarang, marilah kita jauhi dosa agar doa kita diijabah Allah SWT. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: