Bicara tentang leadership, bicara bagaimana seorang leader harus benar-benar bisa memberikan perhatian kepada anggota timnya dalam bekerja. Anggota tim menjadi backbone dan sumber keberhasilan setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Ini adalah konsep dasar yang harus dipahami dengan baik. Ketika entrepreneur bisa memiliki konsep ini, pasti akan bisa menjadi seorang leader yang efektif dan efisien.

Hal ini berawal dari visi yang dimiliki oleh entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Visi yang dimiliki tersebut adalah impian yang akan diraih dalam bisnis saat ini dan yang akan datang. Konteksnya bahkan sampai pada 10 tahun yang akan datang. Semuanya harus jelas dan terukur oleh para entrepreneur dalam menggapainya. Tidak ada pengecualian karena itu adalah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi ketika mereka akan menjalankan bisnis.


Ketika entrepeneur sudah memiliki kejelasan dalam visi nya, sudah waktunya berbagi kepada setiap anggota organisasi yang notabene adalah bawahan mereka. Setiap orang dalam organisasi harus memiliki persepsi yang sama tentang visiyang hendak dicapai oleh para entrepreneur. hanya saja, para entrepreneur dituntut untuk bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman yang baik kepada setiap karyawan atau tim tentangvisi tersebut.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah pertama, membuat sebuah rincian tentang visi yang hendak dicapai. Rincian ini berhubungan dengan aspek-aspek penting dalam visi dan bahkan indikator dalam visiyang harus dicapai oleh para karyawan dan entreprneuer. Perlunya penjelasan yang ditel dan bisa dipahami oleh setiap entrepreneur dan karyawan dengan baik. Ini menjadi dasar untuk melaju ke step selanjutnya.

Kemudian, entrepreneur perlu membuat sharing moment dengan karyawan tentang visi tersebut. Sharing moment untuk menjelaskan apa yang hendak dicapai dalam visi dan bagaimana peran dari masing-masing karyawan dalam pencapaian visi perusahaan. ini penting agar terjadi saling kesepahaman antara entrepreneur dengan karyawan dalam hubungannya dengan visi  yang hendak dicapai. Diskusi akan meninkatkan pemahaman dari karyawan.

Demikian juga dengan membuat pamphlet, selebaran, bulletin dan bahkan spanduk yang dipasang dibeberapa titip yang strategis yang dapat dilihat dan dibaca oleh karyawan yang berisikan tentang bagaimana visi itu dicapai dan apa isinya. Semunya diarahkan kepada pencapaian visi yang sudah ditetapkan oleh entrepreneur. jelas bagi entrepreneur itu adalah sebuah rangkaian kegiatan.


Ini adalah bagian yang penting bagi entrepreneur untuk terus membuat saling kesepahaman antara entrepenur dengan bawahan mereka tentang visi yang hendak dicapai. Sudah menjadi kepentingan utama para entrepeneur agar bisa mendapatkan  kesempatan memberikan pengertian yang mendalam kepada anggota tim tentang visi tersebut. 

Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: