Sebagai seorang entrepreneur, tentu menjadi seorang pembelajar adalah sebuah keharusan dan belajar itu bisa darimana saja sehingga bisa meningkatkan knowledge, skill, attitude setiap entrepreneur. salah satu pelajaran yang luar biasa adalah bagaimana seorang entrepreneur menganalisis apa yang sedang terjadi di dalam lingkungan bisnis, khususnya yang berhubungan dengan lingkungan ekonomi. Sungguh luar biasa kondisi ekonomi saat ini.

Kemaren saja, dolar sudah menembus level Rp. 14.800/dolar Amerika dan itu belum berhenti disitu saja. Barulah kemaren pemerintah mengeluarkan kebijakan ekonomi paket II dengan memberikan beberapa langkah strategis yang diharapkan dapat mendorong masyarakat dalam berkegiatan ekonomi yang dapat dirasakan langsung oleh pelaku usaha. Berbeda dengan paket ekonomi yang dilancarkan kepada masyarakat pada paket ekonomi 



Selanjutnya, Bank Indonesia juga melakukan hal yang sama dimana mereka membuat kebijakan yang mendorong penguatan rupiah terhadap dolar Amerika. Kebijakan yang tidak bisa dilepaskan dari BI karena berhubungan dengan kebijakan moneter. Dalam konteks ini, memang diharapkan terjadi sinergi antara kebijakan fiscal yang dibuat oleh pemerintah dan juga dengan kebijakan moneter yang dibuat oleh Bank Indonesia selaku bank sentral.

Selanjutnya, tentu pasar lah yang akan menentukan bagaimana tanggapan dan aksi mereka pada kondisi ekonomi Indonesia yang selalu berada dalam keadaan yang tidak pasti dan selalu berubah. Ini akan sangat membahayakan ekonomi bangsa saat ini dan yang akan datang. Hal mendasar yang perlu dicermati dari kondisi saat ini adalah bagaimana entrepreneur belajar tentang kepercayaan pasar atau market trust kepada pelaku usaha.

Sepanjang pasar belum percaya kepada pemerintah yang dalam hal ini pemerintah dan juga Bank Indonesia, maka kondisi ekonomi Indonesia akan semakin tidak menentu. Pasar akan ragu untuk melakukan ekonomi di Indonesia. Inilah resiko ketika bangsa ini memiliki sistem ekonomi yang dipengaruhi oleh pasar. Akan tetapi, hal ini memang dampak dari kondisi dimana lingkungan global mempengaruhi kondisi ekonomi setiap negara.

Trust atau kepercayaan merupakan asset yang menentukan bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis. Trust kalau boleh dibilang sebagai koin untuk mencapai tujuan mereka untuk mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang. Ini adalah tujuan yang sejatinya menjadi target yang selalu harus dicapai agar bisnis yang dijalankan benar-benar dirasakan oleh setiap orang khususnya para entrepreneur.

Trust dibangun dari diri setiap entrepreneur dan kalau dilihat secara lebih dalam, akan terasa pada kontek integritas atau kesesuaian antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan oleh para entrepreneur. keduanya harus berjalan secara bersama-sama. Selanjutnya adalah bagaimana entrepreneur bisa menghasilkan value yang superior kepada konsumen sehingga mereka percaya akan produk yang ditasarkan oleh para entrepreneur. bagaimana dengan anda? Siap membangun trust kepada pasar? Hmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: