Dalam mempelajari setiap aspek yang ada dalam kehidupan bisnis, akan selalu berhubungan dengan manusia yang mengerakkan bisnis ini. pelajaran yang berhubungan dengan bagaimana entrepreneur harus bisa memahami setiap orang yang terlibat dalam bisnis mereka. Hal penting untuk dipahami oleh para entrepreneur adalah bagaimana kerangka berfikir orang  yang diajak berbisnis tersebut seperti konsumen, supplier dan juga distributor.

Demikian juga dengan entrepreneur itu sendiri yang diharapkan memiliki sebuah kerangka berfikir yang dapat dipahami dengan mudah oleh para stakeholders. Semuanya harus disederhanakan dengan membuat kerangka berfikir yang bisa dipahami dengan cepat oleh banyak orang. Disinilah tantangan setiap entrepreneur dalam mendesain kerangka berfikir yang merupakan bagian dari mind management bagi setiap entrepreneur.



Sudah seharusnya entrepreneur fokus pada membangun kerangka berfikir yang kuat dan efektif serta efisien. Hal ini diawali dari bagaimana entrepreneur berfikir seperti halnya stakeholders mereka yang menjadi pihak yang diharapkan mampu membangun sebuah komunikasi yang efektif pada akhirnya karena tentu tujuannya adalah menggerakkan setiap orang dalam berokmunikasi yang diharapkan mau melakukan apa yang diharapkan oleh konsumen.

Tadi pagi saya bertemu dengan salah seorang tim saya di GIMB dan saya harus menjelaskan sebuah konsep dalam lima menit agar bisa dipahami oleh setiap anggota dalam GIMB. Luar biasa, sangat bermanfaat ketika seorang entrepreneur memiliki kerangka berfikir yang kuat dalam berkomunikasi yang dimulai dari problem identification, mencari alternatis solusi, mengevaluasi alternative solusi, memutuskan, menjalankan dan mengevaluasi dan mengontrol.

Hal ini saya manfaatkan dalam berkomunikasi untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh organisasi dan Alhamdulillah, setiap orang dalam perusahaan menjadi paham dengan maksud saya dengan mudah. Inilah yang paling penting bagi setiap entrepreneur ketika mereka mampu membangun sebuah kerangka berfikir yang mudah dipahami oleh setiap orang. Kerangka berfikir ini menjadi dasar yang harus dimiliki entrepreneur.

Hal ini bisa diawali dengan melihat bagaimana setiap orang mudah memahami sesuatu yang menjadi akar masalah dalam kehidupan mereka. Mulailah dari hal ini agar setiap orang memahami apa yang diinginkan oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Tidak boleh lepas dari kerangka berfikir ini lepas dan tidak dimiliki oleh para entrepreneur. sudah saatnya entrepreneur fokus pada kerangka berfikir yang dimiliki orang lain saat ini.


So, haruslah setiap entrepreneur memahami kerangka berfikir yang efektif dan efisien agar entrepreneur bisa menggerakkan setiap orang dalam perusahaan untuk mencapai tujuan mereka masing-masing. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: