Minggu ini, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Jawa Barat menyelenggarakan program Pelatihan untuk 100 wirausaha baru Jawa Barat selama lima hari, dari hari selasa – Sabtu. Program rutin yang memang menjadi program andalam pemerintah Jawa Barat untuk mencetak 100.000 Wirausaha Baru Jawa Barat dari tahun 2014 – 2018 dengan melibatkan 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Tentu bagi para entrepreneur dalam menjalankan bisnis, programini perlu dilihat sebagai sebuah opportunity atau peluang  yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis karena berhubungan dengan bagaimana bisnis para entrepreneur dapat bertahan ditengah perubahan lingkungan bisnis  yang begitu cepat, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Hal ini menjadi semakin nyata bagi setiap entrepreneur

Begitu besarnya tantangan bagi setiap entrepeneur dlaam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang kalau tidak memiliki strategic thinking, akan membuat bisnis tersebut menjadi terancam dan bahkan berdampak kepada bisnis mereka untuk saat ini dan yang akan datang. Tidak apat dipungkiri bahwa bisnis para entrepreneur akan sangat susah untuk berkembang dan bahkan akan bangkrut bila tidak bisa diantisipasi dengan baik.

Salah satu bentuk strategic thinking ini adalah bagaimana entrepreneur bisa memanfaatkan social capital atau modal sosial bagi bisnsi mereka. Modal sosial adalah informasi, ilmu, pelatihan, pembinaan yang didapat hubungan antara entrepreneur dengan orang lain. Semuanya harus benar-benar dilihat sebagai sebuah modal yang dapat dikonversi dengan uang. Pasti akan memiliki sebuah nilai bagi para entrepreneur.

Modal sosial itu berasal dari pemerintah yang memiliki program untuk pengembangan bisnis mereka masing-masing. ini menjadi penting karena berhubungan dengan bagaimana mereka bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah dan dalam hal ini program Wirausaha Baru Jawa Barat menjadi alternative yang sangat penting. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari program ini.

Program pelatihan yang diberikan selama lima hari ini dapat memberikan knowledge, skill dan attitude baru bagi para entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Semuanya didapatkan oleh para entrepreneur dalam pelatihan dan nantinya ditutup dengan pemagangan ke tempat pengusaha yang sudah sukses dan ini terlihat pada program magang di C59 dan bertemu dengan pengusaha sukses dalam bidang konveksi.

Lalu, sebagai seorang entrepreneur tentu diharapkan dapat melihat ini sebagai sebuah modal yang penting bagi entrepreneur dan memanfaatkannya bagi bisnis masing-masing. banyak hal yang bisa dikembangkan dari modal sosial ini dan tinggal bagaimana entrepreneur mau memanfaatkannya…. Bagaimana dengan anda? Hmm……


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: