Melihat koperasi, tentu bagi orang-orang yang mendalami koperasi akan merasakan bagaimana potensi  yang dimiliki oleh koperasi itu sendiri untuk pengembangan ekonomi bangsa pada umumnya danmasyarakat pada khususnya. Masyarakat yang sejatinya bisa menggerakkan ekonomi keluarga mereka dengan cepat dan memberikan manfaat bagi banyak entrepreneur lainnya  yang bergabung dalam koperasi.

Potensi yang luar biasa dari koperasi ini sejatinya harus dimanfaatkan oleh setiap entrepreneur agar bisa berhasil dalam konteks bisnis saat ini dan yang akan dating. Potensi yang terlihat pada bagaimana kekuatan ekonomi yang ditimbulkan oleh koperasi dana membangun ekonomi. Ada semangat yang luar biasa dalam koperasi yaitu bagaimana kebersamaan dan gotong royong dimana setiap orang dalam koperasi memiliki hak yang sama.


Memang tidak gampang untuk membuat kesadaran dari setiap orang yang ada dalam koperasi ketika mindset para entrepreneur sudah terkooptasi dengan konsep bisnis yang semakin kuat dengan basis  perusahaan. Tidak gampang untuk membawa konsep koperasi yang bagi sebgian orang juga masih baru untuk diketahui. Akan tetapi, bukan berarti belum ada sesuatu yang dipersiapkan oleh entrepreneur untuk menjalankan koperasi.

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan oleh manajemen koperasi adalah bagaimana menerapkan system manajemen dalam setiap koperasi. Hal ini berhubungan dengan bagaimana koperasi itu memiliki sebuah system yang menjadi backbone atau tulang punggung dalam setiap business process koperasi agar bisa menjalankan proses bisnis yang ada dalam koperasi dengan baik. Business process yang pastinya harus dimanage dengan baik.

Inilah tantangan setiap insan koperasi agar bisa membawa mindset yang baik tentang koperasi dan mau menggerakkan diri mereka dalam konteks koperasi itu sendiri. Semuanya harus benar-benar menjadi sebuah system yang bisa dijalankan secara otomatis dan setiap entrepreneur yang tergabung dalam koperasi bisa membuat perencanaan, pengorganisasian, implementasi serta melakukan control dan evaluasi atas kegiatan dalam koperasi tersebut.

Manajemen system yang dimaksud adalah bagaimana koperasi memiliki sebuah kerangka bekerja dalam konteks manajemen yang tertulis dan semuanya dapat dijalankan berdasarkan apa yang ditulis tersebut. Acuan kerja dan kerangka berfikir yang kuat menjadi dasar bagi entrepreneur menjalankan koperasi yang sudah dikembangkan oleh para entrepreneur. Semuanya harus dianalisis dan dijalankan oleh system manajemen.

Tentu akan berbeda antara system manajemen yang dimiliki perusahaan dengan koperasi. Akan tetapi, menjadi penting bagi para entrepreneur untuk memperhatikan apa yang terjadi dalam koperasi agar system manajemen koperasi dapat berjalan dengan baik dan memberikan value yang optimal bagi koperasi dalam mencapai tujuan untuk kesejahteraan anggota.


Tulisan ada di www.i-cri.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: