Entrepreneur perlu focus kepada penciptaan system manajemen dalam perusahaan mereka saat ini. Tantangan entrepreneur adalah tidak lagi dalam konteks membangun bisnsi entrepreneur yang hanya bisa bertahan untuk beberapa tahun, akan tetapi bisa membangun bisnis yang bisa profitable, memberikan manfaat bagi banyak orang, menjaga kelestarian lingkungan alam serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Tuntutan pada para entrepreneur adalah bagaimana mereka bisa focus kepada membuat bisnis nya bisa bertahan dalam waktu yang lama dan semakin kuat dalam membuat bisnis itu sendiri. Apalagi tantangan dari lingkungan bisnis yang semakin besar yang ditampilkan oleh para pesaing dalam berbisnis. Tantangan yang akan memberikan ancaman dan peluang bagi para entrepreneur dalam berbisnis.


Salah satu yang bisa membantu para entrepreneur dalam menjalankan bisnis dan bisa melewati perubahan lingkungan bisnsi tersebut adalah system manajemen yang dimiliki oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Tidak bisa para entrepreneur hanya focus kepada menjalankan apa yang rutin saja, akan tetapi, benar-benar harus bisa membuat sebuah system yang dapat berjalan sendiri dalam mencapai tujuan.

System manajemen itu berhubungan dengan bagaimana entrepreneur bisa memulainya dari konteks analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang ada dalam perusahaan para entrepreneur. Hal ini akan menghasilkan posisi kekuatan dan kelemahan yang dihasilkan dari para entrepreneur dalam berbisnis dan posisi mereka dipasar akan semakin jelas. Tidak ada yang mereka pungkiri atas posisi itu.

Pemilihan strategi setelah menetapkan visi dan misi serta tujuan, sasaran dan juga nilai-nilai perusahaan itu menjadi penting bagi para entrepreneur dalam berbisnis. Hal ini menjadi dasar bagi manajemen system yang diterapkan oleh perusahaan dalam berbisnsi. Semuanya itu akan semakin kuat ketika entrepreneur akan membangun system manajemen dalam perusahaan mereka sendiri.

Barulah entrepreneur focus kepada bagaimana membuat sebuah program, anggaran dan standard operation procedures (SOP) dalam konteks bagaimana perusahaan akan menjalankan aktivitas sehari-hari mereka. Banyak entrepreneur yang harus mulai focus dalam membuat program yang berhubungan dengan keuangan,pemasaran, operasi dan sumber daya manusia dan diintegrasikan semuaya dalam konteks SOP.

Ini menggambarkan bagaimana entrepreneur menuliskan apa yang mereka jalankan dan jalankan apa yang mereka tuliskan. Tentu hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur mempersiapkan kompetensi setiap karyawan dalam berbisnis. System manajemen  yang dibuat itu harus dijalankan oleh entrepreneur dan karyawan yang memiliki knowledge, skill dan attitude yang optimal.

Barulah terakhir entrepreneur focus kepada aktivitas melakukan evlauasi dan mengontrol setiap aspek dalam kehidupan bisnis tersebut..

Tulisan ada di www.strabiz.com


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: