Konsep yang selalu dikembangkan oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis adalah bagaimana mereka membuat business plan atau perencanaan bisnis yang akan digunakan oleh mereka untuk memulai bisnis, mengembangkan bisnis serta membuat bisnsi mereka bisa menjadi unggul sehingga bisa mengalahkan pesaing-pesaing, baik existing competitor maupun potential competitor dalam industry yang sama

Akan tetapi, seringkali ditemui bahwa para entrepreneur yang memiliki business plan terlihat tidak memahami dengan baik business plan yang mereka miliki. Dan bahkan business plan tersebut hanya copy paste dari apa yang ada dan kemudian mereka anggap sebagai sebuah business plan yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan bisnis. Tentu hal ini tidak boleh terjadi karena akan berdampak kepada bisnis para entrepreneur saat ini dan yang akan datang.


Di STRABIZ Management Consulting, hal ini dicoba dianalisis dengan baik agar ditemui sebuah konsep dasar yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur agar business plan  yang dibuat memberikan kontribusi yang optimal bagi bisnis tersebut. Di satu pihak, tentu dengan membuat business plan, entrepreneur sudah melewati sebuah fase yaitu bagaimana entrepreneur sudah bisa melewati sebuah stigma yaitu “entrepreneur yang gagal membuat perencanaan, artinya, merencanakan kegagalan”.

Akan tetapi, tentu yang diharapkan oleh para entrepreneur adalah memiliki business plan yang bagus dan oleh karena itu, entrepreneur perlu memiliki pemahaman  yang baik tentang strategic management, business model canvas dan balanced scorecard serta standard operation procedures atau  yang lebih dikenal dengan SOP. Ini harus bisa menjadi turunan dari setiap aspek yang ada dalam business plan yang dibuat oleh para entrepreneur.

Hal ini menggambarkan konteks business plan sebagai sebuah tulisan dari sebuah rencana bisnis yang dimiliki setiap entrepreneur. Business plan itu menjadi gabungan dari analisis yang dilakukan dengan menggunakan strategic management, business model canvass, balanced scorecard dan SOP. Ini harus menjadi pemahaman yang mendalam oleh setiap entrepreneur ketika ingin mengembangkan bisnis tersebut.

Strategic management berhubungan dengan bagaimana entrepreneur melakukan environmental scanning, strategic formulation, strategic implementation sampai dengan strategic evaluation and control. Lalu, business model canvass memberikan gambaran bagaimana bisnis tersebut dibuat dalam satu page dan dilihat keterhubungan antara konsumen, sumber pendapatan, biaya, value proposition serta beberapa aspek yang bersifat strategic lainnya.

Akan tetapi, semuanya harus dibuatkan dalam konteks action yang terukur dan Balanced Scorecard dapat membantu penerjemahan setiap aktivitas keuangan, pemasaran, business process serta sumber daya manusia yang digunakan  untuk mencapai tujuan bisnis mereka. terakhir adalah menuliskan apa yang dikerjakan dan mengerjakan apa yang ditulis. Inilah isi dari business plan yang dibuat oleh para entrepenuer dalam bisnis mereka. 


Tulisan ada di www.strabiz.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: