Sebagai seorang entrepreneur, keahlian yang sangat dibutuhkan saat ini adalah bagaimaan membaca fikiran orang lain. Nah lho… kok demikian? Saya mendapatkan pertanyaan dari beberapa orang tentang bagaimana pentingnya kita mengenal orang bagi kesukesan bisnis kita tersebut. Hal ini menentukan keberhasilan kita dalam berbisnis karena konsep dasar bisnis itu adalah bagaimana kita bisa memahami perilaku setiap orang dalam perusahaan.

Disinilah pentingnya entrepreneur menyadari bahwa setiap orang dalam perusahaan dipengaruhi oleh persepsi yangdiawali dari pengetahuan dan pengalaman mereka terhadap sesuatu. Akan tetapi, bisa saja persepsi tersebut positif dan juga negative. Tentu yang diharapkan adalah mereka memiliki persepsi yang positif terhadap apa  yang kita kita kerjakan dalam bisnis tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa ini adalah sebuah fakta dalam bisnis.


Hal ini juga akan berlaku kepada stakeholder lainnya yaitu konsumen, pesaing, distributor, supplier dan bahkan juga pemerintah dan lainnya. Semuanya adalah manusia dan memiliki sebuah perilaku yang dipengaruhi oleh fikiran mereka masing-masing. kontteksnya akan semakin jelas ketika entrepreneur akan membangun sebuah kesepahaman dengan manusia dan ini harus dimulai dari fikiran tersebut. Sebuah fakta yang tidak bisa dipungkiri.

Oleh karena itu, membaca fikiran adalah sebuah keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh para entrepeneru dalam menjalanakn bisnis. Membaca fikiran mereka masing-masing sehingga terlihat apa yang mereka fikirkan saat itu juga. Kalau secara kasat mata, tentu hal ini diawali dari pengetahuan dan pengetahuan mereka terhadap apa yang mereka kerjakan. Karena ini merupakan faktor penentu untuk setiap persepsi yang ada di benak mereka.

Selain itu, pahami juga aspek motivasi atau motif setiap orang dalam menjalankan sesuatu. Hal ini relevan dengan need, want dan demand dari setiap manusia. Ketiga konsep dasar ini pasti aka nada dalam diri mereka masing-masing. oleh karena itu, perlu memahami need, want dan demand para stakeholders sebelum bergerak ke yang lain. Ini tidak gampang, akan tetapi, setiap entrepeneru harus terus melatih diri untuk bisa mengenal ketiga konsep tersebut.

Selanjutnya adalah mulai melatih diri untuk mengenal lingkungan mereka karena ini berhubungan dengan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Hal ini bisa diawali dari lingkungan keluarga yang palign dengan para stakeholders. Jelas ini akan menentukan bagaimana cara berfikir mereka terhadap sesuatu dalam hidup ini.

Inilah beberapa hal yang harus dilakukan oleh para entreeneur dalam berbisnis.mengenal lebih dalam cara berfikir setiap orang akan membantu mempermudah mereka untuk berbisnis.


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: