Jelas setiap entrepreneur memiliki ketergantungan yang sangat tinggi dalam berbisnis terhadap konsumen yang mereka miliki. Hal ini sangat disadari sekali oleh pengusaha kuliner karena konsumen adalah asset yang paling menentukan keberhasilan setiap entrepreneur dalam berbisnis. Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen  yang puas dan loyal, akan bisa mempercepat perkembangan bisnis para entrepreneur yang bergerak di bidang kuliner tersebut.

Bisa dilihat bagaimana pesatnya rumah makan yang memiliki konsumen yang loyal dan mereka denganmudah meningkatkan omzet dengan siklus konsumen itu melakukan pembelian ulang terhadap menu yang selama ini mereka beli, kemudian membeli menu-menu yang lain seperti menu baru, memberikan rekomendasi kepada keluarga, orang lain, sahabat dan bahkan orang yang tidak mereka kenal melalui social media.


Dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana mereka menolak tawaran pesaing untuk berpindah ke rumah makan yang lain dengan konsep yang bisa jadi lebih baik daripada yang ditawarkan oleh entrepreneur itu sendiri. Hal ini adalah wajar karena setiap bisnis itu akan menghadapi persaingan  yang begitu tinggi dan menuntut setiap orang untuk berkreasi agar konsumen itu nantinya pindah ke bisnis mereka.

Itu adalah perilaku konsumen yang sudah loyal dan sejatinya entrepreneur menyadari akan hal ini dan mengambil sikap yang jelas dan bahkan strategi yang tepat untuk membuat setiap konsumen mereka menjadi loyal kepada perusahaan. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur agar bisa membuat konsumen menjadi loyal kepada mereka?

Dalam konteks ilmu manajemen pemasaran, setiap entrepreneur yang berbisnis kuliner sejatinya memiliki pengetahuan  yang mendalam tentang perilaku konsumen atau consumer behavior yaitu bagaimana mereka mengenali setiap konsumen dalam berbisnis. Hal ini akan menentukan bagaimana konsumen itu memiliki sebuah masalah  yang harus diselesaikan yang berhubungan dengan makan dan minum yang notabene adalah kebutuhan dasar setiap manusia.

Untuk itu, entrepreneur perlu melakukan riset terhadap perilaku konsumen yang membeli produk makanan yang dihasilkan oleh para entrepreneur dalam bisnis kuliner. Hal ini bisa dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan bahkan wawancara, observasi dan membaca berbagai hasil penelitian orang lain atau lembaga lain yang berhubungan dengan bisnis kuliner dan perilaku konsumen yang menjadi konsumen kuliner.

Hal ini menuntut pengetahuan baru dari setiap entrepreneur dalam bisnsi  yaitu membaca dan menganalisis perilaku konsumen tersebut untuk dijadikan dasar dalam strategi bisnis mereka dalam mendapatkan konsumen, melayani konsumen, memuaskan konsumen serta membuat konsumen loyal kepada perusahaan mereka. inilah  yang perlu dilakukan dan di Ayam Dower, manajemen selalu mempelajari dan menganalisis perilaku konsumen.


Tulisan ada di www.ayamdower.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: