Setiap entrepreneur akan dihadapkan pada tantangan bisnis yang begitu tinggi ketika lingkungan bisnis berubah begitu cepat, dimana terdapat perubahan lingkungan bisnis, mulai dari perubahan lingkungan individu dari seorang entrepreneur, lingkungan bisnis internal dan lingkungan bisnis ekternal para entrepreneur dimana bila para entrepeneur gagal menganalisis dan mengantisipasi perubahan tersebut, maka akan sia-sia.

Lihat saja saat ini bagaimana kondisi lingkungan individu ataupun lingkungan bisnis yang dihadapi oleh para entrepeneur saat ini. pertama, bagaimana lingkungan individu para entrepeneur. Hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur dihadapkan pada mindset yang belum kuat dalam bisnis sehingga lingkungan individu mereka seperti lingkungan diri sendiri, lingkungan keluarga, lingkungan sosial dan lingkungan budaya mereka.

Seringkali entrepreneur menjadi gagal dalam menjalankan peran sebagai entrepreneur karena mereka terjebak pada masalah pribadi dan akan berdampak kepada bisnis mereka masing-masing. ketika ini terjadi, aktivitas bisnis yang mereka jalankan menjadi gagal dan bahkan berhenti. Banyaknya entrepreneur muda yang tidak bisa menjalankan bisnis dalam jangka panjang untuk bisa sesuai dengan tujuan mereka.

Lingkungan bisnis internal juga sangat berubah dalam beberapa waktu ini. dapat dilihat bagaimana pengelolaan keuangan, pemasaran, proses bisnis, sumber daya manusia serta budaya perusahaan yang dimiliki oleh para entrepeneur dalam bisnis mereka. Kondisi yang seringkali terjadi adalah kelemahaman entrepreneur dalam mengelola keuangan, pemasaran, proses bisnis serta sumber daya manusia dan juga budaya perusahaan.

Lingkungan bisnis eksternal dari bisnis para entrepreneur adalah bagaimana konsumen, pesaing, supplier dan distributor dalam menjalankan bisnis. Konsumen saat ini semakin pintar dan semakin tidak loyal. Lalu pesaing yang semakin kompetitif dan semakin pintar dalam memahami konsumen dan menawarkan produk yang pastinya diharapkan lebih baik daripada para entrepreneur. Distributor dan supplier yang memiliki daya bargaining position yang semakin tinggi.

Belum lagi bagaimana entrepreneur menghadapi perubahan lingkungan eksternal berupa politik yang semakin berubah dan tidak pasti. Lihat saja kondisi saat ini, dimana politik di negara ini tidak begitu stabil. Lingkungan ekonomi, sosial dan budaya juga berubah setiap saat dan ini semuanya menjadi ancaman dan peluang, kekuatan dan kelemahan yang dihadapi oleh para entrepreneur. harus menjadi perhatian para entrepreneur dalam berbisnis.

Dalam konteks inilah menjadi sebuah tuntutan para entrepeneur dalam menjalankan bisnis yang bertujuan bisnis mereka dapat mencapai profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, perlu fokus membangun bisnis yang kuat oleh para entrepreneur agar sukses….




Share To:

meriza hendri

Post A Comment: