Hari-hari terakhir ini, membuat setiap entrepreneur harus benar-benar memberikan perhatian kepada pemerintah dalam artian keputusan apa y ang dibuat oleh pemerintah sehubungan dengan kondisi ekonomi yang  terus tergerus oleh pelemahan rupiah terhadap dolar itu sendiri. Belum terlihat tanda-tanda pelemahan rupiah terhadap dolar akan berhenti. Lihat saja bagaimana dana yang diberikan oleh pemerintah.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu sudah sewajarnya untuk memperhatikan setiap keputusan pemerintah yang berhubungan dengan bisnis karena pemerintah adalah salah satu dari lingkungan eksternal yang bersifat makro. Sudah sewajarnya pemerintah itu diamati setiap keputusan dan tindakan yang mereka berikan dan kemudian, dianalisis apakah hal yang dilakukan pemerintah tersebut memberikan pengaruh berupa peluang atau ancaman.


Lihat saja kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan ekonomi pada paket ekonomi jilid dua yang lebih konkgrit dari pada paket 1. Pemerintah sudah mulai menyadari bagaimana tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh para pengusaha agar bisa bergerak ditengah kondisi ekonomi yang tidak menguntungkan bagi seluruh komponen anak bangsa. Tidak bisa dipungkiri bahwa ini menjadi tantangan tersendiri bagi entrepreneur.

Lalu, apa yang akandilakukan pemerintah nantinya? Informasi yang berkembang adalah bagaimana pemerintah sudah merencanakan untuk membuat paket ekonomi jilid 3 yang berhubungan dengan harga BBM yang menjadi salah satu aspek yang berhubungan dengan nasib orang banyak sehingga dapat menggerakkan kegiatan produksi dan meningkatkan permintaan terhadap barang-barang  yang ada di pasar. Tingkat konsumsi masyarakat juga diharapkan mampu menggerakkan roda ekonomi.

Terlepas dari apa  yang dibuat oleh pemerintah, sudah terlihat bagaimana sejatinya seorang entrepreneur memang diharapkan mampu menganalisis setiap keputusan dan tindakan pemerintah dalam hal yang berhubungan dengan ekonomi. Secara umum, diperhatikan perilaku atau behavior pemerintah dalam menjalankan Negara ini dan berhubungan dengan ekonomi. Kejelian setiap entrepreneur dalam mendapatkan informasi dan menganalisis setiap hal  dari pemerintah adalah menjadi penting dan bersifat stratejik.

Oleh karena itu, seorang entrepreneur memang dituntut untuk bisa memberikan kesempatan kepada diri mereka untuk bisa focus pada apa yang terjadi dalam pemerintahan. Entrepreneur  harus mendapatkan informasi yang terbaru  menyangkut kebijakan pemerintah yang relevan dengan ekonomi. Tidak bisa tidak, mendapatkan informasi itu adalah bagian pertama yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur.

Selanjutnya menganalisis setiap kebijakan dalam konteks hubungannya dengan bisnis yang dijalankan para entrepreneur. Bisnis yang menjadi konteks dimana bisnsi tersebut akan dipengaruhi menjadi kekuatan atau kelemahan serta peluang dan ancaman dari setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sudah waktunya entrepreneur mulai sensitive dengan lingkungan pemerintah dan menilai keputusan serta mengambil keputusan untuk meningkatkan peluang dan mengurangi ancaman… bagaimana dengan anda? Hmmm…….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: