Anda sekarang adalah apa yang anda baca, kerjakan dan lakukan pada waktu lima tahun yang lalu…. Saya teringat dengan ucapan ini dan membuat saya kaget juga ketika saya membahas sebuah konsep yang selama ini saya dalami yaitu bagaimana entrepreneur seharusnya membuat keputusan bisnis yang mereka hadapi setiap saat. Konsep decision making yang dihubungkan dengan apa yang dihadapi berupa masalah yang dalam hal ini seringkali di bahas dengan penjelasan problem solving.

Ketika entrepreneur menghadapi masalah, mereka diharapkan bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan optimal sehingga memberikan ouput, outcome dan impyaact yang positif kepada perusahaan. rasanya, konsep ini menjadi relevan dengan apa yang diucapkan pada awal tulisan ini yaitu bagamana kita sekarang ini adalah apa yang kit abaca, kerjakan dan lakukan. Apakah benar-benar kejadian seperti itu yang dialami oleh setiap orang dan relevan dengan bisnis?


Ketika mendapatkan fakta seperti itu, saya berani menyatakan iya karena dapat dilihat fakta yang menunjukkan bagaimana setiap orang akan dipengaruhi dan ditentukan oleh apa yang mereka baca, kerjakan danlakukan selama lima tahun sebelum itu. Kalau dihubungkan dengan kontek decision making, mereka itu ada pada posisi impact atau dampak yang dihasilkan dari setiap keputusan yang dibuat oleh setiap orang.

Kalau konteksnya bisnis, tentu keputusan yang dibuat berhubungan dengan bisnis setiap entrepreneur. itulah dampak dari keputusan itu sendiri yang akan dirasakan dalam masa waktu yang tidak pendek, akan tetapi dalam waktu yang lama. Impact atau dampak harus mendapat perhatian setiap entrepreneur dalam berbisnis khususnya dalam setiap keputusan yang mereka buat. Keputusan yang akan menentukan masa depan setiap entrepreneur.

Impact itu jangka panjang dan saatnya entrepreneur memperhatikan dampak dari setiap keputusan yang mereka buat saat ini. pasti akan terasa lima tahun yang akan datang dan sudah harus diperhitungkan oleh para entrepreneur agar bisa menggapai kesuksesan dalam bisnis. Apalagi dampaknya berhubungan dengan diri mereka masing-masing dan harus benar-benar di manage agar tidak memberikan dampak negatif kepada mereka.

Impact yang dirasakan oleh para entrepreneur itu bisa negative dan bisa juga positif, tergantung bagaimana impact tersebut terjadi. Hati-hati juga karena impact tersebut dipengaruhi oleh lingkungan bisnis yang tidak pasti dan akan seringkali tidak bisa dikontrol oleh para entrepreneur. sudah saatnya entrepreneur mulai memperhitungkan setiap impact atau dampak dari keputusan yang mereka buat pada masa lima tahun kedepan.

Jangan hanya membuat keputusan sesuai dengan emosi yang nantinya akan menyesal karena impactnya negative. Tidak baik bagi entrepreneur ketika mereka tidak bisa memberikan value yang positif pada keputusan mereka di masa yang akan datang. Sudah waktunya fokus kepada impact yang  positif dari setiap entrepreneur dalam keputusan yang mereka buat….


                                                                                            
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: