Luar Biasa, itulah kata yang paling tepat yang bisa diberikan kepada tim Persib, manajer, pelatih dan staff dan yang tidak kalah penting adalah para supporter persib yang mendukung permainan persib di pertandingan leg ke dua yang memperebutkan tiket ke final melawan Mitra Kukar yang sudah mengalahkan Persib di leg pertama.

Sebagai juara liga tahun lalu, tentu hal ini menjadi intangible asset bagi Persib dalam melawan Mitra Kukar yang pastinya, sudah memiliki point untuk menghadapi tim Persib. Mereka hanya membutuhkan hasil seri untuk bisa melaju ke babak final. Tentu hal ini merupakan modal yang sangat penting bagi tim Mitra Kukar.

Akan tetapi, Persib mampu memenangnkan persaingan yang sangat dramatis tersebut di lapangan Sijalak Harupat, Kabupaten Bandung. Permainan yang sangat penting bagi Persib dan bobotoh, sebutan pendukung Persib. Bahkan selama permainan, tim Persib benar-benar mengeluarkan seluruh pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bermain sepak bola dan yang paling penting adalah mental juara.


Rasanya, hal ini perlu diambil pelajaran oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Begitu besar perubahan lingkungan dan bahkan dari pesaing para entrepeneur dalam menjalankan bisnis yang menerapkan berbagai strategi untuk mengalahkan entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Apalagi lingkungan ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan juga geografi yang berubah sehingga menjadi ancaman bagi para entrepeneur.

Akan tetapi, ada satu asset yang paling berharga yang harus dimiliki oleh para entrepeneur adalah mental juara. Mental ini akan menampilkan sebuah sikap dalam diri entrepeneur dan ditampilkan dalam keseharian mereka sehingga menjadi sebuah sikap mental atau mindset. Ini penting untuk dimiliki oleh para entrepeneur dalam menjalankan bisnis yang begitu besar tantangan kedepannya.

Tantangan tersebut berasal dari dalam diri, lingkungan internal bisnis serta lingkungan eksternal bisnis mereka yang akan menjadi kekuatan atau kelemahan serta peluang atau ancaman yang akan berdampak kepada pilihan strategi untuk mencapai sustainable competitive advantage dan juga kinerja bisnis yang sesuai dengan target yang sudah ditetapkan oleh manajemen.
Sikap mental seorang entrepreneur dalam menjalankan bisnis ini harus terus ditumbuh dan dikembangkan dalam keseharian dalam menjalankan bisnis. Caranya adalah belajar dari buku, pengalaman, orang sukses dan lain-lain, setelah itu, langsung dipraktekkan dalam bisnis para entrepeneur dalam konteks latihan dalam memimpin bisnis, manajemen, membuat keputusan bisnis, mengkomunikasikan kepada bawahan dan lain-lain. Ini penting bagi para entrepreneur dalam membangun sikap mental tersebut.
Pelajaran dari pemain dan manajemen Persib adalah mereka terus berlatih, mengambil pelajaran dari kesalahan, berlatih untuk perbaikan dan terus dilakukan setiap hari. Tidak ada waktu yang digunakan untuk tidak berlatih. Inilah yang penting bagi para entrepreneur untuk mencapai keunggulan bisnis dalam rangka membuat bisnis yang profit, people, planet, sustainability dalam jangka panjang serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar…. Bagaimana dengan anda? Siap untuk meningkatkan sikap mental juara seperti tim dan manajemen Persib? Hmm………..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: