Salah satu tantangan terbesar masyarakat dalam mengembangkan dunia perkoperasian di Indonesia adalah bagaimana rakyat Indonesia memiliki semangat yang tinggi untuk berkoperasi danmenjalankan bisnis dengan basis koperasi agar bisa meningkatkan perekonomian mereka dengan baik dan nantinya berkontribusi pada peningkatkan ekonomi nasional. Ini adalah sebuah tantangan yang sangat berat bagi insan koperasi.

Salah satu bagian dari masyarakat yang akan memegang peranan penting bagi perkembangan koperasi ni adalah para entrepreneur. Mereka merupakan kelompok masyarakat yang memiliki kepentingan untuk menumbuhkembangkan bisnsi dengan menyatukan berbagai aktivitas bisnis mereka dalam satu kumpulan yaitu koperasi. Selain itu, mereka memiliki sebuah resources yang dapat digunakan untuk mengembangkan koperasi  yaitu modal.


Akan tetapi, hal ini perlu dilihat sebagai sebuah kondisi yang nyata dimana banyak entrepreneur yang belum memiliki konsep yang benar tentang koperasi. Entreprneuer bahkan belum mengenal baik koperasi itu dalam konteks bagaimana mereka bisa memiliki pemahaman yang kuat sehingga tertarik untuk berkoperasi dan membentuk serta mengembangkan koperasi yang menjadi bagian dari aktivitas mereka untuk mengembangkan bisnis.

Hal ini seringkali kami temui di berbagai daerah dan bahkan kota besar dimana entrepreneur tidak memahami apa itu koperasi. Koperasi sebagai bagian dari pelaku ekonomi Indonesia tidak dikenal baik dan ini sangat disayangkan. Bahkan ada entrepreneur yang menganggap koperasi itu sama dengan perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnis mereka. tentu ini sangat disayangkan persepsi tentang koperasi seperti ini.

Oleh karena itu, perlu adanya gerakan yang berhubungan dengan penjelasan dan pemahaman tentang koperasi kepada para entrepreneur di Indonesia. Pemahaman  yang baik akan memudahkan entrepreneur untuk diajak bergerak di Koperasi dan bahkan menjadi pengurus koperasi yang akan berkontribusi pada pengembangan koperasi.

Pembahasan tentang koperasi perlu dilakukan dengan berbagai seminar dan diskursus yang menggambagkan bagaimana koperasi itu bergerak dan apa yang bisa dirasakan manfaatnya oleh para entrepreneur ketika mereka aktif dalam koperasi. Ini penting untuk membuat persepsi yang benar tentang koperasi. Selain itu, entrepreneur perlu ditunjukkan bukti-bukti tentang perkembangan koperasi di dalam negeri dan di luar negeri.

Inilah beberapa hal  yang perlu dipahami oleh stakeholders koperasi di Indonesia yaitu bagaimana bisa membuat orang dalam konteks entrepreneur mau berkoperasi dan bahkan aktif untuk mengembangkan koperasi di Negara ini. Ekonomi Negara Indonesia sudah terlalu dikelola secara kapitalis dan meninggalkan prinsip-prinsip koperasi yaitu gotong royong…. Waktunya entrepneru muda bangkit dengan koperasi. 


Tulisan ada di www.i-cri.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: