Hari ini, Kota Bandung dan sekitarnya mengadakan kegiatan perayaan atas kemenangan Persib dalam Piala Presiden yang sudah didapatkan minggu lalu. Perayaan akan diikuti oleh para bobotoh dan warga Kota Bandung pada khususnya dan Jawa Barat pada umumnya. Seharian rakyat akan menikmati pesta rakyat dalam rangka kemenangan Persib tersebut.

Sungguh luar biasa bagaimana tanggapan masyarakat terhadap pesta rakyat ini terlihat dari malam tadi sudah banyak Bobotoh yang membawa suasana perayaan kemenangan Persib ini. bahkan mereka sudah berjalan-jalan di Kota Bandung dan memperlihatkan euforian kemenangan Persib. Apalagi hari ini, tentu akan jauh lebih ramai lagi.

Sebagai seorang entrepreneur yang memang harus menjadi seorang ahli strategi, tentu kegiatan perayaan kemenangan Persib yang diinisiasi oleh Walikota Bandung, kang Emil dengan berkoordinasi dengan Bupati Bandung Barat, Bupati Kabupaten Bandung serta Walikota Cimahi, perlu dianalisis dan diambil sebuah pelajaran penting dalam kerangka bisnis yang dijalankan dan apa yang bisa dimanfaatkan untuk kedepannya.

Konsep dasar yang bisa diambil adalah bagaimana seorang pemimpin melihat need, want dan demand anggota atau bawahannya. Sebagai seorang entrepreneur, sudah menjadi kewajiban untuk menganalisis need, want dan demand para bawahan. Itu menggambarkan bagaimana pemimpin bisa sensitif terhadap kebutuhan bawahan. Hal ini menjadi dasar untuk membangun hubungan jangka panjang dan berikan mereka kesempatan untuk merayakan keberhasilan secara bersama-sama.

Lihat saja, Kang Emil memanfaatkan setiap momentum agar bisa memenuhi need, want dan demand warga yang dipimpinnya. Momentum keberhasilan Persib salah satunya. Berikan kesempatan kepada warga Bandung dan bobotoh untuk merasakan kesenangan atas kemenangan yang sudah diraih secara bersama-sama. Berikan kesempatan bagi karyawan untuk merayakan keberhasilan dalam sebuah proyek.

Hal ini penting bagi setiap karyawan atau bawahan dalam sebuah perusahaan. kesempatan tersebut akan berdampak kepada bagaimana memberikan semangat bagi karyawan mereka. Seolah-olah ada recharging dari setiap emosi yang dimiliki karyawan dalam bekerja sehingga mereka akan termotivasi lagi untuk bekerja dalam rangka pencapaian tujuan bisnis.

Inilah pelajaran yang perlu diambil dari perayaan kemenangan Persib yang dilakukan pada hari Minggu, 25 Oktober 2015 ini oleh Kang Emil dan didukung oleh seluruh stakeholder Persib, khususnya melibatkan Bobotoh yang sangat lekat dengan Persib. Sudah sejatinya entrepreneur merayakan keberhasilan di perusahaan. bagaimana dengan anda? Sudahkah melakukan hal ini diperusahaan? Hmmm…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: