Ada satu pelajaran yang sangat berharga ketika membahas bagaimana hubungan ajaran agama Islam dengan bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur. hubungan yang sangat erat kalau dipahami dengan baik dan dijadikan sebagai fondasi babi para entrepreneur kalau ingin mendapatkan bisnis yang sukses saat ini dan yang akan datang. Hal ini harus dipahami dengan baik oleh setiap entrepreneur.

Dalam aktivitas keseharian para entrepreneur, tentu kalau dilihat, akan terjebak dengan pengetahuan dan aktivitas yang bersifat rutin. Lihat saja apa yang dilakukan oleh para entrepreneur dalam berbisnis yang akan selalu menjalankan aktivitas keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Belum lagi akses IT yang digunakan oleh para entrepreneur dalam bisnis tersebut.


Pembelajaran yang dilakukan oleh entrepreneur perlu fokus kepada aspek yang berhubungan dengan ilmunya Allah SWT yang ada dalam Alqur’an dan hadits. Tentu sebagai seorang muslim, akan semakin paham dampak yang diberikan oleh kedekatan setiap entrepreneur dengan agamanya Allah tersebut. Bentuknya adalah bagaimana memahami setiap aspek yang ada dalam Alqur’an dan hadis dalam bisnis.

Oleh karena itu, sudah sejatinya entrepreneur mulai fokus dengan pelajaran yang didapatkan dari agama Islam. Bisnis itu ditampakkan oleh Allah itu pada diri Rasulullah sehingga dapat dipahami dengan baik oleh para umat islam dan khususnya para entrpeneeur muda muslim yang menjalankan bisnis. Penting rasanya entrepreneuer membaca sejarah rasulullah dalam berbisnis dulu dalam masa hidup beliau.

Disinilah seorang entrepreneur dituntut untuk memulai sendiri setiap aspekyang ada dalam bisnis mereka dengan fokus kepada apa yang diajarkan oleh rasulullah dalam berbisnis. Hasil membaca pelajaran yang diberikan oleh Rasulullah, langsung diimplementasikan dalam setiap aspek bisnis para entrepreneur. tidak perlu menunggu waktu lama entrepreneur dalam menjalankannya, hanya mau atau tidak

Dalam konteks ini, setiap entrepreneur kembali harus memahami proses bisnis  yang ada dalam bisnis mereka. Mulai dari keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia dimana pada setiap aspek ada hal  yang bisa dihubungkan dengan nilai-nilai yang ada dalam agama Islam. Inilah yang ada dalam agama Islam yang mengatur setiap aspek kehidupan manusia di dunia ini dengan tujuan akan memberikan value dunia dan akhirat.


Oleh karena itu, marilah entrepreneur memberikan waktu yang cukup untuk mempelajari berbagai aspek dalam agama Islam sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan bisnis yang dijalankannya. Setiap aspek bisnis tersebut harus bisa dijelaskan dalam konteks agama sehingga bisnis itu menjadi berkah. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: