Seringkali orang gagal melakukan komunikasi dengan stakeholders mereka khususnya yang berhubungan dengan bisnis yang mereka jalankan. Kegagalan dalam berkomunikasi akan berdampak kepada bisnis para entrepreneur itu sendiri dan pastinya akan terasa dalam jangka pendek dan juga jangka panjang sehingga seringkali merugikan entrepreneur itu sendiri. Hal ini sebuah kenyataan yang tidak bisa ditolak oleh entrepreneur dalam bisnis.

Kegagalan yang dirasakan oleh para entrepreneur hanya disebabkan oleh kesalahan kecil ketika mereka hanya menjalankan komunikasi dengan tidak memahami mereka yang menjadi target komunikasi itu dengan baik. Banyak yang masih gelap tentang orang yang diajak untuk berkomunikasi sehingga pasti akan menyebabkan konflik itu sendiri antara entrepreneur dengan lawan bicara mereka. Fatal sekali kesalahan ini.


Kenapa demikian? Karena materi yang dibahas sudah dipersiapkan dengan sebaik munkgin dan apa yang ditawarkan juga sudah disiapkan, akan tetapi menjadi sia-sia. Tentu setiap entrepreneur tidak berharap hal ini akan terjadi. Sejatinya, apa yang sudah direncanakan tersebut dapat berjalan dengan baik dan akan memberikan value kepada mereka masing-masing. jangan sampai salah dalam melakukan komunikasi dengan target audience.

Disinilah pentingnya entrepreneur memahami setiap lawan bicara dalam komunikasi.lawan yang sejatinya harus ‘dikalahkan” terlebih dahulu sebelum komunikasi itu sendiri dijalankan. Ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh para entrepreneur yaitu bagaimana mereka memahami setiap orang dan memberikan satu konsep pemahaman yang mendalam kepada orang tersebut sehingga mereka memahami apa yang dikomunikasikan.

Bagi entrepreneur, mengenali lawan bicarara berhubungan dengan bagaimana entrepreneur mengenali persepsi, motivasi, learning, personality dan attitude mereka sehingga dikenali diri setiap lawan bicara dengan baik. Persepsi tentang bagaimana mereka berfikir, motivasi tentang apa yang mendorong mereka untuk melakukan sesuatu, learning berhubungan dengan cara belajar setiap lawan bicara, personality berhubungan dengan kepribadian dan attitude berhubungan dengan bagaimana mereka merespon apa yang datang kepada mereka masing-masing.

Tentu aspek lainnya juga harus dipahami dari setiap entrepreneur yaitu keluarga mereka, lingkungan sosial mereka, lingkungan budaya yang ada pada diri dan sekitarnya. Hal ini menjadi penting bagi entrepreneur agar bisa melakukan adaptasi atau dalam konteks komunikasi NLP bisa melakukan pacing and leading serta matching and mirroring. Ini terlihat hubungan antara bagaimana entrepreneur mengenali setiap lawan bicara dengan baik.


Oleh karena itu, sudah seharusnya setiap entrepreneur mengenali lawan bicara dengan baik agar mampu melakukan komunikasi dengan baik dan mencapai tujuan komunikasi tersebut dengan membuat setiap pesan yang disampaikan dapat ditangkap dengan baik oleh lawan bicara dan mereka tergerak untuk melakukan setiap aktivitas yang sudah direncanakan dalam setiap pesan para entrepreneur… so, mari  kenali lebih dalam setiap lawan bicara kita.  
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: