Tadi pagi, saya berdiskusi dengan salah seorang tim saya di kampus dan membahas beberapa isu yang relevan dengan bagaimana seorang entrepreneur harus bersikap ketika mereka menghadapi masalah dalam bisnis. Tentu hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur harus menjalankan bisnis dan pastinya bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien karena setiap bisnis itu membutuhkan konteks kepastian tujuan akan tercapai dengan baik. Apa saja itu? Tentu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil menengah dan besar.

Akan tetapi, tentu hal ini tidak mudah karena berhubungan dengan bisnsi  yang dijalankan oleh para entrepreneur itu berhubungan dengan bagaimana mencapai konsistensi ditengah perubahan lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi setiap saat. Ancaman dan peluang akan datang secara bergantian sehingga diperlukan manajemen yang kuat dalam diri dan organisasi setiap entrepreneur agar konsisten dalam pencapaian tujuan tersebut.


Konsep manajemen adalah harga mati bagi para entrepreneur dalam menjalankan bisnis untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Dalam hal ini, setiap entrepreneur harus benar-benar menjalankan bisnis tersebut agar benar-benar sukses dengan bisnis mereka. Tidak bisa dipungkiri bahwa itu semua berhubungan dengan bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur. manajemen itu berhubungan dengan bagaimana entrepreneur bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan.

Dalam manajemen itu sendiri, sudah saatnya entrepreneur menekankan pada bagaimana konsep PDCA yang seringkali dihubungkan dengan kaizen atau perbaikan terus menerus dengan memulai dari planning, do, check dan action dimana setiap orang dalam menjalankan manajemen fokus pada apa yang mereka jalankan dan kembangkan. Disini konsep manajemen yang melihat keterhubungan antara manajemen dengan bisnis dan dilakukan perbaikan terus menerus.

Plan atau perencanaan yang dibuat oleh entrepreneur harus benar-benar mendefinisikan tujuan yang hendak dicapai dan didukung oleh SOP yang kuat sehingga tercipta rencana yang logis dan realistis selain terukur, spesici,dapat dicapai serta memiliki time table yang jelas. Ini kunci untuk selanjutnya yaitu bagaimaan entrepreneur menjalankan rencana atau yang lebih dikenal dengan konsep DO. Aksi akan menjadi sangat penting bagi entrepreneur dalam konteks ini.


Yang tidak kalah penting adalah mengevaluasi antara hasil yang dicapai dengan apa yang direncanakan oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Tentu akan ditemui gap atau kesenjangan antara yang diharapkan dengan apa yang ditemui oleh para entrepenur dalam berbisnis. Gap ini harus diambil tindakan perbaikan sehingga aka nada langkah-langkah penting bagi entrepreneur dalam bisnsi mereka untuk melakukan perbaikan terus menerus setiap saat. So.. inilah kuncinya PDCA
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: