Beberapa hari terakhir ini, komentar dari berbagai orang tentang bencana asap yang terjadi di Pulau Sumatera dan Kalimantan semakin banyak yang diberikan oleh para Netizen. Begitu dahsyatnya dampak dari asap yang diakibatkan oleh pembakaran hutan yang dilakukan oleh individu ataupun korporasi sehingga mengakibatkan dampak yang luar biasa bagi masyarakat dan bahkan kegiatan bisnis yang ada di negeri ini.

Berbagai komentar negative yang dilontarkan oleh netizen, tindakan hukum yang dilakukan oleh pihak berwajib sampai dengan acara pengumpulan dana untuk membantu masyarakat yang terkena dampak dari asap ini. bahkan, Ridwan Kamil, walikota Bandung menggelar program yang ditujukan untuk korban asap yaitu mengumpulkan dana oleh warga Bandung melalui sebuah komunitas ataupun langsung di kelurahan disela-sela rasa syukur atas kemenangan tim Persib dalam piala Presiden.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu hal ini perlu mendapatkan perhatian tentang bagaimana hakekat aktivitas bisnis yang dijalankan untuk mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Relevansinya adalah bagaimana kalau seorang entrepreneur dalam menjalankan bisnis tidak memperhatikan alam dan bahkan tidak peduli dengan alam atau planet. Tindakan perusahaan menyebabkan kerusakana alam yang membuat ketidakseimbangan pada alam. Ditambah lagi kondisi cuaca yang memang tidak menguntungkan dimana kemarau yang begitu panjang di negara ini.

Entrepreneur sejatinya harus benar-benar memperhatikan setiap keputusan  yang mereka buat untuk tidak merusak alam. Hal ini penting karena akibat dari keputusan mereka bisa membuat kerugian untuk diri mereka sendiri, perusahaan dan masyarakat. Kerugian untuk diri sendiri karena akan berhubungan dengan pihak berwajib dimana keputusan mereka harus dipertanggungjawabkan dimata hukum.

Kerugian untuk bisnis dimana usaha yang dijalankan harus terhenti karena begitu tingginya dampak dari kebakaran dan memaksa mereka untuk tidak beroperasi karena asap yang sudah luar biasa pekatnya. Adapun bagi masyarakat terlihat bagaimana dampak asap bagi masyarakat dan itu menjadi penting bagi entrepreneur untuk merasakan dampak dari asap tersebut.

Tentu hal ini merugikan seluruh pihak yang ada di lingkungan bisnis tersebut karena mereka adalah stakeholders atau pihak yang mempengaruhi atau terpengaruh oleh setiap keputusan dan tindakan perusahaan. inilah hakekat strategi yang harus diambil oleh setiap entrepreneur ketika mereka ingin membuat bisnis yang berkelanjutan melalui salah satu tujuan planet. Bagaimana dengan anda? Sudah fokus memperhatikan planet dalam setiap keputusan bisnis? Hmmmm……..



Share To:

meriza hendri

Post A Comment: