Tanggung jawab terbesar para entrepreneur yang bergerak dalam bidang kuliner saat ini adalah bagaimana mereka membangun reputasi atas rumah makan yang mereka jalankan dan kembangkan. Kenapa disebut sebagai tanggung jawab terbesar? Entrepreneur yang menjalankan bisnis kuliner, khususnya di Kota Bandung, menghadapi tantangan  yang begitu besar seingga sudah menjadi challenge atau tantangan untuk bisa menaklukkan pasar yang ada saat ini.

Reputasi bisa dijadikan sebagai strategi untuk membangun keunggulan bersaing setiap entrepreneur dalam menjalankan aktivitas rumah makannya. Sebagai contoh, saya melihat rumah makan CIbiuk, salah satu rumah makan yang menawarkan menu makanan sunda dan focus pada pengembangan menu-menu yang bisa diterima oleh pasar. Tentu hal ini menjadi penting untuk dilihat ketika manajemen mampu mengelolanya dengan baik.


Reputasi rumah makan Cibiuk menjadi factor kunci bagaimana mereka memberikan persepsi terhadap pasar sehingga RM Cibiuk menjadi alternative bagi konsumen untuk memilih menu-menu makanan sunda. Belajar dari rumah makan ini, tentu entrepenuer yang berbisnis kuliner perlu mengambil contoh strategi yang diterapkan oleh manajemen perusahana tersebut untuk bisa membuatnya besar.

Inilah  yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis kuliner. Pertama, membangun reputasi atas rumah makan mereka. hal ini dapat tercermin pada bagaimana system manajemen yang dijalankan oleh rumah makan yang dikembangkan oleh entrepreneur. System manajemen yang dimaksud berhubungan dengan bagaimana mereka membangun proses bisnis yang transparan, akuntabel, fair danbertanggungjawab.

Kedua, entrepreneur perlu membangun tim manajemen yang kuat untuk membangun reputasi manajemen dari bisnisnya. Tim manajemen rumah makannya harus benar-benar memiliki kompetensi yang kuat dan professional sehingga mampu memberikan value dalam menjalankan proses bisnis tersebut.

Ketiga, entrepreneur harus bisa menawarkan produk-produk  yang unggul kepada konsumen. Hal ini diawali oleh bagaimana entrepreneur bisa membuat produk-propduk  yang lebih baik daripada pesaing dan berdasarkan kepada need, want dan demand dari setiap konsumen terhadap produk tersebut. Harus bisa dilihat secara mendalam ketiga konsep ini dalam diri para entrepreneur untuk menjalankan bisnis.

Inilah yang harus dilakukanoleh setiap entrepreneur dalam membangun bisnis kuliner yang bisa unggul dibandingkan pesaing dengan membangun reputasi yang tinggi dibenak konsumen dan stakeholder lainnya. 


 Tulisan ada di www.ayamdower.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: