Setiap aspek yang paling penting dalam manajemen adalah sejauh mana entrepreneur bisa membuat perencanaan untuk bisnisnya. Seringkali kegagalan entrepreneur dalam mencapai tujuan karena mereka tidak fokus membuat perencanaan.

Dalam konteks manajemen, sejatinya apa yang dikerjakan entrepreneur harus berdasarkan planning atau perencanaan atas bisnis mereka. Ini merupakan awal kerjaan yang harus dilakukan entrepreneur. Jelas sekali kalau mereka bisa membuat perencanaan dengan baik, maka, sebagian pekerjaan sudah selesai.


Perencanaan itu dimulai dari analisis lingkungan bisnis dan manajemen ittu sendiri karena berhubungan dengan konteks dimana manajemen tersebut dijalankan. Harus di clear kan dulu konteks nya atau lingkungan bisnis tersebut.

Posisi entrepreneur dalam lingkungan bisnis ini berhubungan dengan peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan. Semuanya menjadi penting bagi entrepreneur dalam berbisnis. Ini adalah dasar untuk perencaanaan bagi bisnis dan manajemen.

Selanjutnya, entrepreneur memulai membuat tujuan yang hendak dicapai dalam perencanaan itu. Tujuan yang dijadikan sebagai fondasi untuk menjalankan program manajemen yang dibutuhkan entrepreneur dalam menggapai tujuan tersebut.

Inilah yang harus menjadi perhattian setiap entreprreneur dalam mendesain perencanaan bisnis sebagai tahap awal yang dilakukan untuk menjalankan manajemen. Perencanaan adalah awal bagi entrepreneur dalam konteks manajemen.


Sudah harus ada pemahaman entrepreneur dalam menjalankan manajemen dengan membuat perencanaan yang kuat dan efektif sehingga mereka benar-benar diawal. Untuk membangun manajemen yang efektif dan efisien. Planning harus jadi target entrepreneur dalam manajemen 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: