Hal penting yang akan dihadapi oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis adalah berbagai permasalahan yang berhubungan dengan bisnis. Permasalahan yang harus diselesaikan oleh setiap entrepreneur agar bisa mencapai tujuan bisnis yang sudah mereka tetapkan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis  yang terus tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.
Permasalahan ini menjadi dasar berfikir setiap entrepreneur kalau mereka mau menggapai kesuksesan karena akan berhubungan dengan dampak dari masalah tersebut dalam hal pencapaian tujuan perusahaan. Tentu diharapkan setiap entrepreneur harus bisa menyelesaikan masalah tersebut dan tidak terjebak dengan apa  yang selama ini dirasakan yaitu bagaimana mereka hanya melihat masalah sebagai sebuah hal  yang dihindari.

Ditengah-tengah permasalahan yang dihadapi oleh para entrepreneur, tentu ada satu hal yang harus selalu diingat yaitu bagaimana mereka diharapkan ingat kepada Allah SWT dengan bersyukur. Hal ini perlu dijadikan sebagai dasar bagi entrepreneur dalam hidup dan menjalankan bisnis. Ketika memahami filosofi bersyukur, maka entrepreneur akan merasakan bahwa hidup itu akan tenang
Selain itu, entrepreneur juga akan bisa menyelesaikan masalah itu dengan baik karena ketika bersyukur, bisa jadi masalah itu sudah menjadi bagian dari ujian Allah SWT untuk membuat para entrepreneur untuk bisa "naik kelas" kalau mereka bisa menyelesaikan dengan baik. Rasa syukur akan membawa entrepreneur untuk memiliki kerangka berfikir tentang bagaimana seharusnya mereka melihat masalah dengan kaca mata  yang berbeda.
Saya menjadi teringat dengan salah satu ayat dalam Alqur'an yang artinya kurang lebih seperti ini "nikmat Allah manakah yang engkau dustakan"…. Saya menangkap bagaimana Allah SWT itu sebenarnya sudah menyediakan nikmat bagi setiap umat manusia dan tinggal bagaimana manusia itu melihatnya agar bisa tetap bersyukur. Hanya saja, banyak manusia melihat dari kacamata negative sehingga terlihat masalah itu bukanlah sebagai nikmat.
Oleh karena itu, entrepreneur mulailah untuk bersukur kepada Allah dengan selalu mengingat Allah SWT. Ingat bahwa Allah SWT itu salah ada di dekat kita. Itu  yang pertama. Yang kedua adalah selalu berzikir kepda Allah SWT dimanapun dan kapanpun. Zikir dengan menyebut Allah SWT. Ketiga, merasakan bahwa masalah itu datangnya dari Allah dan dikembalikan kepada Allah. Artinya, berusaha dan berdoa kepada-Nya untuk dibantu solusi untuk masalah tersebut.
Keempat, memanfaatkan seluruh harta yang ada untuk berbuat baik kepada Allah SWT. Ini penting dilakukan agar entrepreneur memiliki mindset  yang benar tentang semuanya milik Allah SWT dan oleh karena itu, dikembalikan kepada Allah SWT. Rasanya, hal ini perlu dipahami dan dilihat oleh para entrepreneur dengan kaca mata  yang positif terhadap Allah sehingga masalah yang dihadapi dalam berbisnis tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu para entrepreneur. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: