Menjadi juara… inilah tujuan setiap tim sepak bola dalam menjalani setiap pertandingan dengan tim-tim lawan mereka. setiap timi tentu memberikan yang terbaik dan itu sudah dilakukan oleh tim Persib bersama dengan pelatih, manajemen, official, pemain dan bahkan sampai dengan bobotoh, sebutan pendukung Persib serta pemerintah Jawa barat serta Pemerintah Kota Bandung yang hadir dalam pertandingan tadi malam.
Begitu besarnya dukungan dari seluruh masyarakat Kota Bandung pada khususnya dan Jawa Barat pada umumnya terhadap pertandingan tadi malam sehingga terlihat bagaimana kondisi di Kota Bandung yang lengang di jalan-jalan, kecuali di beberapa jalan yang mengadakan nonton bareng,menonton pertandingan Persib melawan Sriwijaya FC. Begitu besarnya kecintaan para bobotoh terhadap Persib.

Akhirnya, perjuangan seluruhn komponen dalam manajemen Persib membuahkan hasil yaitu Persib mampu mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0 dan tentu membuat seluruh masyarakat dan pendukung Persib bergemuruh menyatakan bahwa mereka senang sekali dengan kemenangan tersebut. Selamat buat Persib atas kemenangan atas pertandingan melawan sriwijaya FC.
Lalu, sebagai seorang entrepreneur,apa yang yang bisa diambil pelajaran? Inilah kekuatan dari seluruh komponen Persib  yang diramu oleh para manajemen dan pelatih. Konsep menjadi seorang ahli strategi menjadi kunci untuk meraih kesuksesan bagi Persib. Ahli strategi dalam meramu kekuatan dan peluang sembari menghindari kelemahan serta ancaman dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal.
Rasanya, sangat relevan dengan apa yang seharusnya dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis untuk mencapai tujuan yaitu keunggulan bersaing atau competitive advantage ditengah tingginya tingkat persaingan dalam bisnis yang terus terjadi dalam industri setiap entrepreneur. Ini harus menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis.
Mindset terhadap strategi dalam menjalankan bisnis itu berawal dari bagaimana analisis lingkungan internal dan eksternal dimana terlihat dari analisis  yang dilakukan oleh coach Djadjang Nurjaman. Disinilah beliau melihat posisi Persib terhadap Sriwijaya FC.
Barulah menetapkan visi untuk setiap perusahaan yang pastinya mampu mencapai competitive advantage agar tujuan perusahaan bisa dicapai dengan baik yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dalam kerangka skala bisnis mikro, kecil, menengah dan besar.
Terakhir, ditetapkanlah strategi yang tepat yang akan didukung oleh program, anggaran serta standard Operating Procedures (SOP) yang bisa digunakan untuk mengevaluasi dan mengontrol capaian atas tujuan tersebut. Inilah pelajaran yang sangat berharga bagi setiap entrepreneur atas keberhasilan yang dicapai oleh Persib dalam final melawan Sriwijaya FC di Piala Presiden. Bagaimana dengan anda? Sudah miliki mindset menjadi ahli strategi dalam bisnis? Hmmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: