Hari ini, tepatnya tanggal 1 Muharram 1437 H yang sama dengan tanggal 14 Oktober 2015, umat muslim merayakan tahun baru islam. Tentu tidak bisa dibandingkan dengan perayaan tahun baru masehi yang sangat ramai dirayakan oleh banyak anak muda dengan berkumpul bersama di tempat umum dan bahkan mengadakan pesta yag besar-besaran.

Akan tetapi, bukan itu substansinya tentang tahun baru islam dimana perayaan ini memang lebih kepada makna yang melekat didalamnya. Tahun baru islam juga diperingati oleh umat islam meskipun tidak semeriah tahun baru masehi. Kemaren, ada perayaan yang diadakan oleh anak-anak pengajian dan pesantren dengan pawai keliling kompleks.

Ada juga yang menyelenggarakan pengajian dengan membahas tentang keutamaan tahun baru islam dan nantinya apa yang diharapkan dari umat islam dalam merayakannya. Sekali lagi, bukan kemeriahan yang diharapkan dari tahun baru ini, akan tetapi, lebih kepada makna yang terkandung didalamnya karena pada hakekatnya,  banyak nilai yang bisa diambil.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu yang paling mendasar adalah bagaimana nilai islam yang harus dijalankan dan diterapkan dalam kehidupan berbisnis. Banyak hal yang sudah membuktikan bahwa bila bisnis tidak berdasarkan kepada nilai-nilai agama, akan banyak menghadapi kendala dalam artian bisnis mereka yang terjebak kepada duniawi. Ini membuat manfaat dan berkah dari bisnis menjadi berkurang.

Tentu sejatinya entrepreneur muda muslim kembali mencermati nilai-nilai yang ada dalam Alqur'an dan hadis sebagai acuan dalam kehidupan sehari-hari dan lebih lagi pada bagaimana mereka menjalankan aktivitas bisnis  yang menghadapi banyak kendala, khususnya dalam konteks diri sendiri, leingkungan internal bisnis dan lingkungan eksternal bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi.

Kembalilah kepada ajaran agama Islam agar perjalanan bisnis yang dilakukan oleh entrepreneur dapat mengembangkan manfaat bagi banyak orang dan berkah karena berkah inilah tujuan sejatinya bisnis yang dijalankan oleh enterpeneur. Keberkahan itu didapatkan dari bagaimana setiap keputusan bisnis dan tindakan bisnis yang dijalankan entrepreneur berbasis kepada bagaimana nilai-nilai agama diterapkan.

Oleh karena itu, sudah saatnya entrepreneur muda muslim untuk mengambil momentum tahun baru islam ini sebagai waktu yang tepat untuk menjalankan bisnis sesuai dengan ajaran agama islam sehingga bisnis tersebut berkah selain mendapatkan profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar..hmmmm… bagaimana dengan anda?


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: