Setiap entrepreneur dituntut untuk bisa memberikan yang terbaik kepada upaya untuk mencapai tujuan bisnis yang ditetapkan oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Tuntutan yang diberikan untuk membuat setiap orang bisa bekerja secara efektif dan efisien dalam kerangka bisnis yang profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Tentu hal ini tidak mudah bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis dengan tujuan seperti itu.

Pelajaran yang seringkali saya temui adalah ketika entrepreneur hanya bisa membuat bisnis dengan memulai saja. Yang penting bagi mereka adalah bagaimana bisa memulai bisnis dan tidka perlu bisnis itu akan bertahan lama atau tidak. Akibatnya adalah bagaimana bisnis itu hanya bertahan dalam hitungan bulan. Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan karena sayang sekali karena bisnis  yang sudah dibangun dengan baik tidak bisa bertahan. Rugi sekali para entrepreneur ketika hanya melakukan hal seperti ini.



Disinilah kesalahan utama setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Mereka seolah-olah kejebak dengan konsep entrepreneurship dengan hanya fokus kepada yang penting jalani dulu. Yang penting jalankan dan tidak memperhatikan konsep bisnis untuk jangka panjang. Padahal, inilah critical point bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis.

Ketika entrepreneur sudah memulai bisnis mereka, barulah terasa bagaimana pentingnya manajemen dalam bisnis itu sendiri dalam menjankan bisnis. Bahkan manajemen lah yang penting untuk membuat bisnis itu bisa bertahan untuk jangka panjang bagi setiap entrepreneur. kenapa demikian? Entrepreneur perlu melakukan analisis yang mendalam terhadap konsep bisnis dan manajemen dan bahkan sudah menjadi salah satu daripada kompetensi entrepreneurship yang harus dimiliki oleh entrepreneur.

Manajemen yang dimaksud adalah bagaimaan setiap entrepreneur fokus terhadap konsep dasar bahwa setiap entrepreneur itu akan bekerja dengan dan melalui orang lain dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Memang seringkali orang terjebak kepada mengelola orang, akan tetapi, juga akan berkembang kepada resources yang lain dan harus dikelola oleh setiap entrepreneur untuk bisnis mereka masing-masing. setiap tujuan bisnis akan dipengaruh oleh bagaimana mereka mengelola sumber daya tersebut.

Seluruh sumber daya yang ada di perusahaan tidak akan memberikan manfaat apa-apa dalam pencapaian tujuan perusahaan kecuali di manage dengan baik oleh setiap entrepreneur. tidak bisa dilepaskan konsep ini dalam setiap bisnis para entrepreneur.


Oleh karena itu, sudah waktunya entrpeneeur untuk peduli pada konsep manajemen dalam menjalankan setiap aktivitas bisnis yaitu finance, marketing, operation dan human resources. Semuanya harus berbasis kepada manajemen

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: