Hari ini, akan digelar pertandingan sepak bola memperebutkan piala Presiden antara Persib dengan Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Pertandingan final yang penuh gengsi ditengah euphoria masyarakat ingin menikmati sepak bola, meskipun tidak berada di bawah FIFA. Akan tetapi, tetap saja menjadi sebuah perhelatan yang sangat luar biasa bagi rakyat Indonesia.

Khususnya bagi para pendukung kedua belah tim, tentu ini menjadi kesempatan yang sangat berharga melihat tim-tim kesayangan mereka menghadapi babak final dan memperebutkan piala presiden yang pastinya penuh gengsi bagi tim mana saja yang mampu memenangkan pertandingan final ini. adu gengsi karena inilah momentum menunjukkan kelas tim yang paling baik di negeri ini.

Akan tetapi, tentu sebelum laga final berjalan, setiap tim harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang permainan ini. pemahaman yang berhubungan dengan bagaimana kondisi mereka setelah permainanan, baik itu untuk yang menang dan juga yang kalah. Kedua kondisi ini tentu harus dipahami dengan baik oleh setiap tim dan pendukungnya. Perlunya sikap menang dan siap untuk kalah.

Bagi para entrepeneur, tentu hal ini perlu menjadi pelajaran yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Kenapa demikian? Karena pada hakekatnya, bisnis itu juga adalah sebuah pertandingan yang dijalankan oleh setiap entrepeneur. Pertandingan yang sejatinya harus dimenangkan oleh setiap entrepeneur dengan konsep competitive advantage atau keunggulan bersaing.

Sejatinya, bisnis yang dijalankan adalah mencapai kemenangan dibandingkan dengan entrepeneur atau pesaing lainnya. Kemenangan yang dikejar adalah bagaimana memberikan superior value bagi setiap konsumen agar menjadi pilihan utama setiap konsumen dalam bisnis tersebut. Ini menjadi target utama setiap entrepeneur.

Akan tetapi, yang paling penting nantinya adalah bagaimana entrepreneur bisa memiliki mental siap menang dan siap kalah. Artinya adalah bagaimana entrepeneur harus paham bahwa ketika mereka mencapai kemenangan, mental yang harus dimiliki adalah bagaimana mereka tidak sombong, tidah terlalu melakukan euphoria, tidak berlebihan sampai melupakan hakekat kemenangan yang dimiliki oleh para entrepreneur. tidak membuat keputusan dan tindakan yang takan membuat masalah bagi orang lain.

Demikian juga entrepreneur apabila mengalami 'kekalahan' dalam perjuangan bisnis tersebut. Kekalahan yang dimaksud adalah bagaimana bisnis yang dijalankan itu tidak mencapai tujuan dan target dalam bisnis. Hal ini tidak berarti bahwa bisnis mereka mati dan tidak akan mencapai hasil yang diharapkan sehingga berputus asa. Ini adalah kesalahan yang paling mendasar karena intinya adalah itu merupakan bagian dari proses bisnis.

So, sudah saatnya entrepreneur untuk terus menggelorakan semangat untuk menang dan semangat untuk kalah karena inilah hakekat mental setiap juara dalam menjalankan bisnis di tengah tingginya kompetisi bisnis saat ini… SALAM JUARA
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: