Ketika seorang entrepreneur yang bermaksud untuk membangun bisnisnya tumbuh dan berkembang dalam jangka panjang, pastinya entrepreneur mulai memperhatikan sebuah konsep berfikir dalam bisnis yaitu bagaimana bisnsi mereka mereka memiliki sebuah system manajemen yang kuat sehingga dapat berjalan dengan baik. Tidak perlu entrepreneur terjebak pada aspek yang bersifat rutinitas dalam artian hanya menjalankan hal-hal yang setiap hari saja.

Perlu bagi entrepreneur untuk menyediakan waktu mereka sebentar dengan membuat hal-hal yang berhubungan dengan manajemen system yang ada dalam perusahaan mereka sehingga menjadi alat untuk membuat bisnis mereka bisa berjalan sendiri dan bertahan untuk jangka waktu yang lama. Sudah seharusnya entrepreneur mulai memperhatikan aspek ini dengan baik. Fokuslah pada aspek manajemen system ini.


Memang banyak yang belum mengerti tentang system manajemen dalam perusahaan setiap entrepreneur. Hal ini berhubungan dengan aktivitas rutin yang mereka jalankan dan rasanya, tidak perlu memiliki system manajemen. Persepsi ini pada dasarnya salah karena bertolak belakang dengan hakekat bisnis yang dijalankan entrepreneur dalam mencapai tujuan bisnis mereka dan kalau didalami, factor penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan para entrepenuer.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu memahami dengan baik konsep system manajemen dalam perusahan yang harus mereka siapkan dengan baik agar bisa menjalankan bisnis dengan baik. Semuanya harus benar-benar dilihat sebagai sebuah tuntutan bagi mereka untuk membuat bisnis agar bisa dijalankan setiap saat dan oleh tim karyawan mereka sendiri. Harus dilihat sebagai sebuah alat untuk mengontrol aktivitas karyawan.

Untuk mengatasi masalah ini juga, dapat bekerjasama dengan konsultan manajemen yang menyediakan jasa untuk membantu perusahaan membuat system manajemen. Hal ini tidak mudah sehingga bantuan pihak ketika akan bisa memudahkan entrepreneur dalam menjalankan bisnis tersebut. Konsultan yang memiliki kompetensi yang kuat akan memudahkan entrepreneur membuat system manajemen yang berkualitas.

Sekarang, tinggal bagaimana entrepreneur mendapatkan konsultan yang memiliki kompetensi yang kuat dengan dukungan pengalaman yang baik dengan mengelola portfolio bisnis yang tersebar di berbagai bidang sehingga entrepreneur tinggal berdiskusi dan membuat desain pada bisnsi mereka masing-masing. Dukungan konsultan ini akan mempermudah dan mempercepat proses pembuatan system manajemen yang ada dalam perusahaan.

Inilah yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis agar bisa memberikan value yang optimal bagi bisnis setiap entrepreneur untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis  yang terus tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.


Tulisan ada di www.strabiz.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: