Salah satu tantangan terbesar para entrepreneur dalam menjalankan bisnis saat ini adalah bagaimana turbulensi yang terjadi pada lingkungan bisnis yang melingkupi para enterpeneur. Lingkungan yang perubahannya begitu cepat dan secara tiba-tiba sehingga terlihat bagaimana tantangan para entrepeneur dalam menjalankan bisnis. Kesalahan sedikit para entrepreneur dalam menjalankan bisnis akan berdampak kepada kegagalan bisnis itu sendiri untuk mencapai tujuannya.

Lihat saja perubahan nilai tukar rupiah terhadap dolar yang begitu cepat. Disatu sisi, memang menyenangkan turunmya nilai tukar rupiah sehingga biaya yang diperlukan untuk membangun membuat produk dan proses bisnis menjadi turun. Akan tetapi, hal ini perlu dilihat dalam konteks yang lebih lama karena itu berhubungan dengan bagaimana kondisi ekonomi dan politik global.

Belum lagi kondisi politik yang selalu berubah dimana konsekuensi dari sistem politik demokratis adalah selalu terjadi perb edaan pendapat antar komponen bangsa dan bagaimana pemerintah menanggapinya. Ini akan menggambarkan bagaimana politik negara ini nantinya sehingga diharapkan akan bisa memberikan ketenangan dalam menjalankan usaha.


Bagaimana dengan perubahan lainnya? Perubahan dalam lingkungan sosial, budaya serta teknologi dan juga geografi yang terlihat pada bencana alam yang terjadi. Inilah sebuah realita yang dihadapi oleh para entrepeneur dalam berbisnis dan harus disikapi dengan baik agar bisa meningkatkan kekuatan dan meminimalisir kelemahan serta mengoptimasi peluang dan meminimalisir ancaman.

Dalam konteks ini, ada satu kondisi yang dihadapi entrepeneur yaitu keterbatasan knowledge, skill dan attitude dalam menjalankan bisnis, khususnya yang berhubungan dengan entrepeneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen yang akan digunakan dalam menjalankan bisnis agar bisa profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Entrepreneur membutuhkan coaching, mentoring dan counseling tentang bisnis dan manajemen terhaap bisnis mereka. Ketiga konsep ini saling berhubungan satu sama lain dan sangat dibutuhkan oleh entrepeneur untuk mencapai sukses. Coaching adalah pelatih bagi entrepeneur dalam mencapai sukses dengan memberikan pertimbangan dan analisis dalam  keputusan. Mentoring memberikan kesempatan peningkatan nilai-nilai bisnis dan manajemen serta counseling dimana entrepreneur butuh seseorang untuk menjadi sumber inspirasi untuk problem solving mereka yang tidak berhubungan dengan bisnis dan manajemen.

Rasanya, ini harus dimiliki oleh setiap entrepreneur dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat saat ini. harus sudah difikirkan untuk memiliki seorang coach yang bisa menjadi mentor dan counselor. Bagaimana dengan anda? Hmmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: