Bicara tentang budaya perusahaan, sudah menjadi kunci sukses setiap entrepeneur ketika menghadapi tantangan bisnis saat ini. tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bisnis saat ini menghadapi tantangan yang luar biasa dan itu semua akan berdampak kepada bisnis saat ini dan yang akan datang. Hal ini harus disadari oleh para entreprenur dalam berbisnis. Salah satu strategi yang selalu saya sampaikan adalah bagaimana entrepeneur memberikan value kepada perusahaan dengan meningkatkan budaya perusahaan.

Budaya perusahaan berhubungan dengan nilai-nilai yang dimiliki dan dijalankan oleh setiap entrepeneur. Selain itu, ada kepercayaan, kebiasaan, bahasa dan komunikasi yang dijalankan oleh setiap orang dalam perusahaan tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa hal in sangat relevan dengan perjalanan bisnis para entrepeneur.


Untuk membuat sebuah budaya yang kuat, tentu harus diawali dari diri sendiri para entrepeneur dan  juga karyawan yang menjadi bagian utama setiap bisnis. Mereka akan menjalankan setiap aspek dalam budaya tersebut. Tidak bisa dipungkiri bahwa semuanya akan sangat tergantung kepada sejauh mana karyawan menjalankannya.

Tentu hal ini harus menjadi perhatian setiap entrepeneur. Bagaimana menggali budaya perusahaan itu tidak hanya dari diri mereka sendiri, akan tetapi, juga dengan memperhatikan setiap aspek dalam diri para karyawan. mereka adalah stakeholders dalam perusahaan yang akan menentukan bagaimana budaya itu bisa berjalan atau tidak.

Oleh karena itu, perlu bagi entrepreneur memperhatikan aspek yang berhubungan dengan karyawan itu sendiri, khususnya yang berhubungan dengan value, belief, habit, bahasa dan komunikasi yang dijalankan oleh para karyawan. hal ini perlu digali dengan baik sehingga mereka mau mengeluarkan nilai-nilai tersebut dalam keseharian mereka untuk mencapai tujuan.

Setelah itu, yang harus dilakukan oleh para entrepeneur adalah bagaimana mereka bisa mensinergikan antara yang mereka miliki dengan yang dimiliki karyawan. tentu tetap yang akan menjadi acuan adalah nilai-nilai yang dipegang dan dimiliki oleh para entrepeneur. Semuanya akan relevan dengan nilai-nilai, kepercayaan, kebiasaan, bahasan dan komunikasi yang digunakan oleh para entrepeneur.


Inilah momentum yang sangat penting bagi entrepeneur bahwa budaya perusahaan itu dibangun secara bersama-sama oleh entrepreneur dengan karyawan dan kebersamaan ini akan memberikan kualitas budaya yang sangat kuat dan bisa dimanfaatkan untuk mencapai tujuan perusahaan saat ini dan yang akan datang, apalagi menghadapi tingkat persaingan yang begitu tinggi. 

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: