Dalam konteks bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur, terlihat sekali bahwa salah satu sumber daya yang seringkali diabaikan dalam pemanfaatan dan pengelolaanya adalah waktu. Seringkali entrepreneur terjebak dengan aktivitas yang kurang bermanfaat dan bahkan tidak memberikan dampak kepada bisnis mereka. Ini disadari atau tidak, terjadi pada kebanyakan entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

Lihat saja beberapa waktu ini, banyak sekali kegiatan yang menyita waktu para entrepeneur yang membuat mereka tidak menyadari bahwa mereka sudah terjebak dengan kegiatan rutin dan tidak rutin yang tidak berhubungan dengan bisnis mereka. Berbagai aktivitas yang ada menyita waktu para entrepreneur dengan tidak sedikit. Ini memang benar-benar terjadi pada banyak entrepreneur.

Dalam konteks bisnis, sumber daya atau resources yang memiliki karakteristik unik dimana tidak dapat diganti oleh para entrepreneur adalah waktu. Jelas sekali bagaimana entrepeneur dituntut untuk bisa memanfaatkan waktu ini dengan baik agar mereka bisa menyadari akan pentingnya waktu tersebut dengan bisnis mereka. Inilah kondisi yang harus disadari oleh setiap entrepreneur.

Bicara tentang waktu, yang perlu dilakukan oleh para entrepeneur adalah melakukan time management atau pengelolaan waktu secara efektif dan efisien. Dalam konteks ini, time management yang diharapkan oleh para entrepreneur adalah bisa memberikan manfaat yang strategik bagi bisnis. Semuanya saling berhubungan dengan harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para entrepreneur.

Dalam hal ini, entrepeneur perlu menyadari aktivitas yang tidak penting dan tidak urgen seingga mereka meninggalkannya. Kemudian, ada kegiatan yang penting tetapi tidak urgent dan ini bisa didelegasikan kepada orang lain atau yang dalam hal ini adalah para staff setiap entrepreneur. tidak bisa dipungkiri bahwa entrepreneur membutuhkan staff yang bisa membantu mereka. Hanya saja, kemampuan delegasi menjadi penting.

Untuk kegiatan yang tidak urgent tetapi penting, bisa ditunda oleh para entrepreneur. oleh karena itu, entrepreneur harusnya fokus pada kegiatan yang urgen dan penting dimana akan sangat menentukan bisnis mereka masing-masing. hal ini jelas akan menjadi perhatian besar setiap entrepeneur dalam melakukan aktivitas bisnis mereka.

Disinilah pentingnya entrepreneur menyadari akan strategicnya peranan dari sumber daya yang bernama waktu bagi bisnis. Waktu itu benar-benar harus dimanfaatkan secara optimal dan tidak boleh dibuang karena akan menentukan kualitas bisnis mereka sendiri. Bagaimana dengan anda? Sudahkah menerapkan time management dengan baik? Hmmm….

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: