Tips analisis lingkungan; Sebagai entrepreneur, lingkungan bisnis sudah harus dipahami dengan baik agar bisa mengetahui konteks bisnis mereka. Hal ini penting karena berhubungan dengan dimana posisi bisnis mereka di pasar, strategi apa yang akan dipilih serrta program unuk mencapai visi tersebut.

Beberapa tips yang bisa dilakukan terhadap lingkungan bisnis adalah
1. Fokus pada lingkungan pribadi
Individu setiap entrepreneur menjadi aspek paling strategis bagi entrepreneur dalam analisisnya karena individu tersebut menjadi sentral nya bisnis. Strategi, emosi yang ada pada diri entrepreneur adalah faktor yang menentukan kekuatan atau kelemahan mereka.



2. lingkungan bisnis internal
Analisis ini fokus pada lingkungan yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia, serta budaya perusahaan serta fasilitas perusahaan yang salah satunya adalah ICT atau informaation, communication dan technology.



3. Analisis lingkungan eksternal
Lingkungan industri yang berhubungan dengan konsumen, pesaing, distributor, supplier yang harus menjadi perhatian entrepreneur. Lingkungan makro yaitu politik, ekonomi, sosial dan budaya serta geografi, teknologi dan global.


4. Analisis dampak pada perusahaan. 
Perubahan lingkungan ini PASTI berdampak pada bisnis dan secara sederhana, dampaknya adalah peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan. Hal ini harus dianalisis oleh setiap entrepreneur.


5. Tentukan posisi dipasar
Posisi bisnis para entrepreneur dipasar menjadi sangat penting dan menentukan strategi yang akan dipilih. Posisi dipasar dengan membandingkan pada pesaing para entrepreneur, apakah kekuatannya sama dengan pesaing, dibawah atau di atas pesaing.

Oleh ; sTRABIZ Management Consulting




Share To:

meriza hendri

Post A Comment: